Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Perancangan Produk VaporaVolt dengan Menggunakan Metode Survei Pasar

Authors
  • Febi Fitriani Zebua Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Jln. Dr. T. Mansyur No. 9 Padang Bulan, Medan 20155, Indonesia
  • Amanda Padmasari Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Jln. Dr. T. Mansyur No. 9 Padang Bulan, Medan 20155, Indonesia
  • Yusuf Novriza Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Jln. Dr. T. Mansyur No. 9 Padang Bulan, Medan 20155, Indonesia
Issue       Vol 8 No 1 (2025): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v8i1.2603
Keywords: Survei Pasar Pemasaran Kuesioner terbuka dan tertutup VaporaVolt Marketing Open and closed questionnaire
Published 2025-07-28

Abstract

Pemasaran adalah kegiatan yang dikelola secara manajerial untuk membantu individu atau kelompok dalam mencapai kebutuhan dan keinginan mereka melalui proses menciptakan, menyediakan, dan menukar produk yang memiliki nilai dengan pihak lain. Strategi pemasaran terdiri dari serangkaian pendekatan terencana yang disusun secara sistematis untuk memperkenalkan produk, baik berupa barang maupun layanan, dengan tujuan meningkatkan volume penjualan. Penyebaran kuesioner terbuka dan tertutup dilakukan untuk mengetahui keinginan konsumen. Dari kuesioner ini di dapat modus yang akan digunakan sebagai rancangan produk akhir yaitu warna hitam, bentuk tabung, tinggi cerobong 55 cm, panjang selang pipa 2,5 m, tegangan dan kapasitas baterai 12 volt 7 ampere, berbahan material kaleng bekas, panjang kabel 1,5 m, memerlukan filter udara, menggunakan self cleaning untuk membersihkan, dan berbahan limbah recycle metal. Jumlah sampel dalam penelitian ini ditentukan menggunakan metode simple random sampling, yaitu dengan memilih sejumlah anggota secara acak. Proses perhitungannya menggunakan rumus nomogram Harry King. Sebanyak 39 responden yang merupakan pekerja rumah makan di wilayah kota Medan dijadikan sampel. Berdasarkan hasil rekapitulasi kuesioner tertutup, uji validitas dan reliabilitas terhadap aspek kinerja, harapan, serta atribut produk menunjukkan hasil yang valid dan reliabel. Hasil dari Performance Matrix dan Importance Diagram mengindikasikan bahwa produk VaporaVolt memiliki tingkat utilitas (kinerja) dan performa (harapan) yang tinggi.

Marketing is a managerial process in which individuals or groups seek to satisfy their needs and wants through the creation, offering, and exchange of products of value with others. In marketing activities, there is a marketing strategy, namely steps or tactics that are systematically designed to market products, either in the form of goods or services, with the aim of increasing sales volume. Open and closed questionnaires were distributed to determine consumer desires. From this questionnaire, the mode that will be used as the final product design was obtained, namely black color, tube shape, 55 cm chimney height, 2.5 m pipe hose length, 12 volt 7 ampere battery voltage and capacity, made of used cans, 1.5 m cable length, requires an air filter, uses self-cleaning for cleaning, and is made of recycled metal waste. The number of samples in this study was determined using the simple random sampling method, namely by selecting a number of members randomly. The calculation process uses the Harry King nomogram formula. A total of 39 respondents who were restaurant workers in the Medan city area were used as samples. Based on the results of the closed questionnaire recapitulation, the validity and reliability tests on aspects of performance, expectations, and product attributes showed valid and reliable results. The results of the Performance Matrix and Importance Diagram indicate that the VaporaVolt product has a high level of utility (performance) and performance (expectation).