Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Pengembangan Produk Smart EcoCycle Stove Menggunakan Metode Survei Pasar

Authors
  • Sadarta Barus Program Studi Teknik Industri, Universitas Sumatera Utara, Jln. Dr. T. Mansyur No. 9 Padang Bulan, Medan, 20155, Indonesia
  • Vita Eliza Balqis Program Studi Teknik Industri, Universitas Sumatera Utara, Jln. Dr. T. Mansyur No. 9 Padang Bulan, Medan, 20155, Indonesia
  • Salsabilah Lathifah Zahra Program Studi Teknik Industri, Universitas Sumatera Utara, Jln. Dr. T. Mansyur No. 9 Padang Bulan, Medan, 20155, Indonesia
Issue       Vol 8 No 1 (2025): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v8i1.2597
Keywords: Biogas Kompor Survei Pasar Produk Stove Market Survey Product
Published 2025-07-28

Abstract

Ketergantungan pada bahan bakar fosil semakin menjadi tantangan global yang diakibatkan oleh keterbatasan sumber daya. Oleh karena itu, perancangan kompor berbasis biogas menjadi langkah inovatif dalam menyediakan energi yang lebih ramah lingkungan dan terbarukan. Tujuan dari pengembangan ini adalah menciptakan Smart EcoCycle Stove, sebuah kompor berbasis biogas yang memanfaatkan limbah organik sebagai sumber energi utama. Pengembangan produk Smart EcoCycle Stove melalui pendekatan survei pasar diharapkan mampu memahami kebutuhan dan preferensi konsumen. Metode yang digunakan dalam pengembangan produk kali ini ialah berupa survei pasar. Survei pasar adalah strategi pemasaran yang biasanya diterapkan perusahaan sebelum meluncurkan produk baru. Data dalam survei pasar dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner terbuka dan tertutup kepada 39 responden yang didapatkan dari hasil perhitungan dengan menggunakan rumus Nomogram Harry King. Selanjutnya akan diolah hasil kuesioner yang diperoleh dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis, didapatkan bahwa kuesioner Smart EcocCycle Stove valid dan juga reliabel. Hasil survei diperoleh dengan membandingkan antara produk Smart EcoCycle Stove dengan produk milik pesaing 1, pesaing 2, dan pesaing 3. Hasil survei menunjukkan bahwa mayoritas pengguna potensial adalah masyarakat kelas menengah ke bawah yang menghadapi keterbatasan akses terhadap LPG. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis, produk Smart EcoCycle Stove berada di kuadran B, yang menunjukkan bahwa produk Smart EcoCycle Stove memiliki tingkat utilitas dan performa yang tinggi dibandingkan dengan tiga pesaing lainnya yang menempati kuadran C.

Dependence on fossil fuels is becoming an increasing global challenge due to limited resources. Therefore, designing a biogas-based stove is an innovative step in providing more environmentally friendly and renewable energy. The objective of this development is to create the Smart EcoCycle Stove, a biogas-based stove that utilizes organic waste as its primary energy source. The development of the Smart EcoCycle Stove follows a market survey approach to understand consumer needs and preferences. The method used in this product development is a market survey, a marketing strategy typically applied by companies before launching a new product. Market survey data was collected by distributing open-ended and closed-ended questionnaires to 39 respondents, determined using Harry King’s nomogram formula. The collected questionnaire data was then processed using validity and reliability tests. The results of the calculations and analysis confirm that the Smart EcoCycle Stove questionnaire is valid and reliable. Survey results compared the Smart EcoCycle Stove with Competitor 1, Competitor 2, and Competitor 3. Findings indicate that the majority of potential users are low-to-middle-income communities who face limited access to LPG. Based on calculations and analysis, the Smart EcoCycle Stove falls into Quadrant B, indicating a high level of utility and performance, outperforming the three competitors, which are positioned in Quadrant C.