Penerapan Metode Survei Pasar pada Perancangan dan Pengembangan Produk CompoRoll
| Authors | ||
| Issue | Vol 8 No 1 (2025): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE) | |
| Section | Articles | |
| Section |
Copyright (c) 2025 Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE) ![]() This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License. |
|
| Galley | ||
| DOI: | https://doi.org/10.32734/ee.v8i1.2593 | |
| Keywords: | CompoRoll Kuesioner Survei Pasar Validitas Questionnaire Market Survey Validity | |
| Published | 2025-07-28 |
Abstract
Dalam melakukan perancangan CompoRoll, hal yang pertama dilakukan adalah survei pasar. Survei pasar dilakukan dengan tujuan untuk dapat mengetahui minat pasar dan kebutuhan terhadap produk alat komposter pintar ini. Survei pasar ini dilaksanakan dengan mengumpulkan data dari sejumlah sampel melalui kuesioner. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 2ijenis kuesioner,ayaitu kuesioneriterbuka dan kuesioneritertutup. Setelah disusun, kuesioner tersebut disebar kepada 39 responden dari kelompok perempuan dewasa, yang merupakan bagian dari populasi atau target pasar yang ingin dituju. Hasil dari kuesioner terbuka akan diperoleh modus berupa banyaknya nilai yang muncul dalam setiap atributnya. Hasil dari kuesioner terbuka, yaitu ukuran ember yang digunakan berdiameter 30 cm dan tinggi 35 cm, produk berwarna hijau, memiliki kapasitas baterai sebesar 3000 mAh,memiliki pengaduk berbentuk bercabang, pengaduk berbahan dasar aluminium, kapasitas produk sebesar 25 Liter, memiliki baterai dengan jenis Lithium, memiliki fitur tambahan beberapa jenis sensor, memiliki 4 roda, dan memiliki pegangan yang terbuat dari pipa. Hasil dari kuesioner tertutup dibuktikan dengan dilakukannya uji validitas dimana semua data yang dihasilkan lebih besar atau berada di wilayah r = 0,3160 dan uji reliabilitas dimana koefisien Alpha Croanbach nya lebih besar dari 0,3160 pada nilai r ktitis pada n = 36 dengan taraf signifikansi 5 %, maka data disebut valid dan reliabel.
In designing CompoRoll, the first thing to do is a market survey. The market survey wasiconducted with the aimiof knowing the market interest and needs for this smart composter product. This market survey was carried out by collecting data from a number of samples through questionnaires. This research was conducted using 2 types of questionnaires, namely open questionnaires and closed questionnaires. After being compiled, the questionnaire was distributed to 39 respondents from the adult women's group, which is part of the population or target market to be addressed. The results of the open questionnaire will obtain the mode in the form of the number of values that appear in each attribute. The results of the open questionnaire, namely the size of the bucket used is 30 cm in diameter and 35 cm high, the product is green, has a battery capacity of 3000 mAh, has a branched-shaped stirrer, an aluminum-based stirrer, a product capacity of 25 liters, has a Lithium type battery, has a sensor as an additional feature, has wheels, and a handle made of pipe. The results of the closed questionnaire were proven by conducting a validity test where all the data generated were greater than or in the region of r = 0.3160 and a reliability test where the Croanbach Alpha coefficient was greater than 0.3160 at the critical r value at n = 36 with aisignificanceilevel ofi5%, so the data was called valid and reliable.






