Pengembangan Produk E-Fold Whisktula (Electrical Foldable Whisk Spatula) dengan Menggunakan Metode Survei Pasar
| Authors | ||
| Issue | Vol 8 No 1 (2025): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE) | |
| Section | Articles | |
| Section |
Copyright (c) 2025 Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE) ![]() This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License. |
|
| Galley | ||
| DOI: | https://doi.org/10.32734/ee.v8i1.2583 | |
| Keywords: | Kuesioner Survei Pasar Whisk Market Survey Questionnaire | |
| Published | 2025-07-28 |
Abstract
E-Fold Whisktula (Electrical Foldable Whisk Spatula) atau spatula dan pengaduk adonan elektrik yang dapat dilipat. Produk ini merupakan alat dapur yang dapat digunakan untuk mengaduk adonan martabak dan adonan lainnya. Selain itu juga dapat dijadikan sebagai spatula yang berfungsi untuk mengangkat martabak atau masakan lainnya. Survei pasar adalah untuk mencari tahu seberapa besar target pasar, untuk menyesuaikan seluruh aktivitas pemasaran serta menentukan hal apa saja yang menjadi prioritas target pasar. Penilitian ini bertujuan untuk menentukan jumlah sampel dari populasi yang disurvei dengan menggunakan teknik sampling dan memperoleh data melalui kuesioner sehingga dapat menentukan spesifikasi produk yang dibutuhkan. Pengujian data hasil kuesioner dilakukan melalui uji validitas dan reliabilitas guna mengidentifikasi tingkat skor serta konsistensi data yang diperoleh. Penentuan jumlah sampel dilakukan dengan menggunakan metode Harry King. Adapun target pasar yang dipilih yaitu Medan Tembung, Kota Medan. Sedangkan usia yang dipakai adalah rentang usia 18-63 tahun dan berasal dari kelas sosial ekonomi kebawah. Produk E-Fold Whisktula terdapat pada kuadran B yang berarti menunjukkan tingkat utilitas (kinerja) tinggi dan tingkat performansi (harapan) yang tinggi, Produk pesaing I dan II terdapat pada kuadran C, menunjukkan produk memiliki utilitas rendah namun performansi tinggi. Sementara itu, produk pesaing III terdapat pada kuadran D, dengan utilitas dan performansi sama-sama rendah.
E-Fold Whisktula (Electrical Foldable Whisk Spatula) is a foldable electric whisk and spatula. This product is a kitchen tool designed for mixing martabak batter and other types of dough. Additionally, it functions as a spatula for lifting martabak or other cooked foods. The market survey aims to identify the size of the target market, align all marketing activities accordingly, and determine the key priorities of the target market. The objective of this study is to determine the sample size from the surveyed population using a sampling technique and to collect data questionnaires, in order to define the required product specifications. The data collected from the questionnaires were tested for validity and reliability to assess the accuracy and consistency of the responses. The sample size was determined using the Harry King method. The selected target market is Medan Tembung, Medan City, with respondents aged between 18 to 63 years old, primarily from lower socioeconomic classes. Product E-Fold Whisktula is positioned in Quadrant B, indicating a high level of utility (performance) and high expectations (desirability). Competitor Products I and II are in Quadrant C, meaning they have low utility but high performance. Meanwhile, Competitor Product III is positioned in Quadrant D, representing both low utility and low performance.






