Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Perancangan dan Pengembangan Produk Cleaning Box 3 in 1 dengan Metode Survei Pasar

Authors
  • Nadia Fitri Amanda Program Studi Teknik Industri, Universitas Sumatera Utara, Jl. Dr.T. Mansyur. No. 9, Padang Bulan, Medan 20155, Indonesia
  • Dian Yunita Program Studi Teknik Industri, Universitas Sumatera Utara, Jl. Dr.T. Mansyur. No. 9, Padang Bulan, Medan 20155, Indonesia
  • Deo Feliks Panggabean Program Studi Teknik Industri, Universitas Sumatera Utara, Jl. Dr.T. Mansyur. No. 9, Padang Bulan, Medan 20155, Indonesia
Issue       Vol 7 No 1 (2024): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v7i1.2265
Keywords: Survei Pasar Cleaning Box 3 in 1 Kuesioner Validitas Market Survey Questionnaire Validity
Published 2024-10-22

Abstract

Semakin ketat persaingan pasar di era globalisasi ini, perancangan suatu produk harus memiliki inovasi yang kreatif dan menarik agar dapat bersaing di pasar. Saat ini, perkembangan teknologi berkembang semakin pesat termasuk di bidang kesehatan. Salah satu untuk menjaga kesehatan adalah mencuci tangan untuk mencegah terjadinya penyebaran virus. Produk Cleaning Box 3 in 1 adalah produk yang memiliki inovasi yang dapat digunakan untuk mencuci tangan dan mengeringkan tangan dalam satu produk. Produk ini memiliki target pasar anak Sekolah Dasar yang belum memahami dan mengabaikan kegiatan mencuci tangan dengan sabun. Produk ini berguna bagi anak-anak usia sekolah dasar agar rajin untuk mencuci tangan dan mencegah terjadinya penyebaran virus di antara mereka. Untuk memahami target pasar yang dituju diperlukan survei pasar. Survei pasar digunakan untuk memahami preferensi dan kebutuhan pelanngan terhadap produk yang akan dibuat. Tujuan melakukan survei pasar produk Cleaning Box 3 in 1 adalah untuk mengetahui hal yang menjadi kebutuhan konsumen dan seberapa besar target pasar dari perancangan produk Cleaning Box 3 in 1. Data peluang pasar ditentukan dengan menggunakan metode segmentation, targetting, dan positioning. Data pada metode survei pasar dikumpulkan dengan cara penyebaran kuesioner. Kuesioner dibagikan secara bertahap yaitu kuesioner terbuka dan tertutup. Pada penelitian ini banyaknya responden ditentukan dengan rumus Slovin didapatkan sejumlah 37 sampel. Dilakukan pengujian data pada hasil kuesioner berupa uji validitas dan realibilitas yang menunujukkan data tersebut valid dan realiable. Kemudian data diolah menjadi Importance Diagram dan Performace Matrix untuk mengetahui peta posisi produk yang dapat digunakan untuk melihat tingkat kinerja dan harapan produk.

The tighter the market competition in this era of globalization, the design of a product must have creative and appealing innovation to compete in the market. Currently, technological advancements are rapidly growing, including in the field of healthcare. One way to maintain health is by washing hands to prevent the spread of viruses. The Cleaning Box 3 in 1 product is an innovative product that can be used for both hand washing and drying in one product. This product targets elementary school children who may not understand or neglect handwashing with soap. It is useful for elementary school children to encourage them to wash their hands regularly and prevent the spread of viruses among them. To understand the target market, market surveys are needed. Market surveys are used to understand customer preferences and needs for the product to be developed. Conducting a market survey for the Cleaning Box 3 in 1 product is to determine consumer needs and the size of the target market for the product. Market opportunity data is determined using segmentation, targeting, and positioning methods. Data on the market survey method is collected by distributing questionnaires. Questionnaires are distributed gradually, including open and closed questionnaires. In this study, the number of respondents is determined using the Slovin formula, resulting in a sample size of 37. Data testing is conducted on questionnaire results through validity and reliability tests, which indicate that the data is valid and reliable. Then, the data is processed into an Importance Diagram and Performance Matrix to determine the product's position map, which can be used to assess the product's performance level and expectations.