Perancangan dan Pengembangan Produk Energy Saving Power Plant dengan Metode Survei Pasar
Authors | ||
Issue | Vol 7 No 1 (2024): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE) | |
Section | Articles | |
Section |
Copyright (c) 2024 Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE) This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License. |
|
Galley | ||
DOI: | https://doi.org/10.32734/ee.v7i1.2244 | |
Keywords: | Survei Pasar Uji Reliabilitas Uji Validitas Industri Market Survey Rehabilitation Test Validity Test Industry | |
Published | 2024-10-22 |
Abstract
Dalam era perkembangan industri yang cepat saat ini, para pengusaha dari berbagai skala industri dituntut untuk menjadi lebih inovatif guna meningkatkan daya saing mereka. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan produk yang selaras dengan minat pasar. Survei pasar menjadi salah satu kunci utama dalam memahami target pasar dan kebutuhan konsumen. Proses survei pasar meliputi rekognisi, akumulasi, ulasan, dan pengedaran informasi secara terstruktur dan faktual untuk membantu pengambilan kepastian pada pemasaran. Dalam pengumpulan data pada survei pasar biasanya digunakan metode kuesioner. Kuesioner amerupakan metode memperoleh sekumpulan informasi atau data melalui media formulir yang didalamnya terdapat beberapa pertanyaan dengan harapan pihak tersebut memberikan tanggapan atau jawaban untuk selanjutnya dilakukan analisa oleh pembuat kuesioner. Metode kuesioner terbagi menjadi 2 jenis, yaitu kuesioner terbuka dan kuesioner tertutup. Metode kuesioner, baik terbuka maupun tertutup digunakan untuk mengumpulkan data pada survei pasar. Setelah semua data terkumpul, selanjutnya dilakukan tahap pengetesan, yang terdiri atas uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan untuk menguatkan akurasi dan keandalan data yang diperoleh. Dalam penelitian ini, survei pasar digunakan untuk mendukung desain produk Energy Saving Power Plant, dengan tujuan memenuhi kebutuhan dan preferensi konsumen. Populasi orang yang dijadikan sebagai sampel adalah sebanyak 40 orang, dengan kategori atribut penilaian sebanyak 10 kategori.
In today's era of rapid industrial development, entrepreneurs of various industrial scales are required to be more innovative in order to increase their competitiveness. One of the efforts was to develop products that fit market interests. Market surveys become one of the key to understanding target markets and consumer needs. The market survey process involves the precise and objective recognizable proof, assortment, investigation, and dispersal of data to help promoting independent direction. A questionnaire is a method of obtaining a set of information or data through a form medium containing a number of questions in the hope that the party will provide a response or answers for further analysis by the questionnaires. Questionnaire methods are divided into two types, open and closed questionnaire. After all the data is collected, the next test phase is carried out, which consists of validity and reliability tests. In this study, market surveys are used to support the design of Energy Saving Power Plant products, with the aim of meeting consumer needs and preferences. The population taken in this study was as many as 40 people, with the rating attribute category of 10 categories.