Implementasi Survei Pasar dalam Perancangan dan Pengembangan Produk Plantar Fasciitis Brace
Authors | ||
Issue | Vol 7 No 1 (2024): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE) | |
Section | Articles | |
Section |
Copyright (c) 2024 Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE) This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License. |
|
Galley | ||
DOI: | https://doi.org/10.32734/ee.v7i1.2233 | |
Keywords: | Kuesioner Plantar Fasciitis Brace Survei Pasar Kepuasan Market Survey Questionnaire Satisfaction | |
Published | 2024-10-22 |
Abstract
Langkah yang dilakukan dalam mengetahui kebutuhan dan keinginan calon pelanggan salah satunya melalui survei pasar (riset pasar). Survei pasar (riset pasar) sangat penting dilakukan saat seorang perancang melakukan perancangan dan pengenalan produk yang dirancang, hingga nanti produk siap diproduksi dan dilakukan pemasaran. Kuesioner adalah salah satu metode memperoleh sekumpulan informasi atau data melalui media formulir yang didalamnya terdapat beberapa pertanyaan untuk kelompok/orang dengan harapan pihak tersebut memberikan tanggapan atau jawaban untuk selanjutnya dilakukan analisa oleh pembuat kuesioner. Selama melaksanakan penyebaran kuesioner, peneliti juga melakukan tahap perencanaan pemasaran produk yang sedang dirancang menggunakan teknik segmentation, targeting, dan positioning. Bauran pemasaran menekankan pada empat aspek utama yaitu produk, harga, promosi dan tempat untuk memaksimalkan penjualan dan memberikan kepuasan pada pelanggan. Pengujian reliabilitas dilakukan untuk melihat apakah kuesioner konsisten dan dapat dipercaya sebagai alat ukur. Penerapan metode survei pasar dalam perancangan dan pengembangan produk Plantar Fasciitis Brace telah memberikan masukan bagi peneliti dalam melakukan perancangan produk sesuai keinginan dan kebutuhan pasar yaitu bahwa kinerja dan harapan dari atribut yang ada dapat memuaskan pelanggan.
One of the steps taken to find potential customers is through market surveys. Market surveys are very important to carry out when a designer is designing and introducing the product being designed, until the product is ready to be produced and marketed. A questionnaire is a method of obtaining a collection of information or data through a media form in which there are several questions for a group/person with the hope that the party will provide responses or answers for further analysis by the questionnaire maker. While distributing the questionnaire, the researcher also carried out the marketing planning stage for the product being designed using segmentation, targeting and positioning techniques. Reliability testing is carried out to see whether the questionnaire is consistent and reliable as a measuring tool. Utilizing market research techniques in product development and design, researchers have benefit from Plantar Fasciitis Brace's insights into how to build products that meet consumer expectations and market demands while also performing well and performing up to current standards.