Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Perancangan Mesin 3P (Pemotong, Pengupas, Pembersih) Kentang Otomatis Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD) dan Analitycal Hierarchy Process (AHP)

Authors
  • Muhammad Rizky Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Rahmat Arif Waruru Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Wahyu Aditya Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Indonesia
  • Wijaya Kusuma Nasution Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Issue       Vol 6 No 1 (2023): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v6i1.1937
Keywords: Analitycal Hierarchy Process (AHP) Mesin 3P (Pengupas, Pemotong, dan Pembersih) Kentang Perancangan Produk Quality Function Deployment (QFD) Potato 3P Machine (Peeling, Slicing, and Cleaning) Product Design
Published 2023-10-20

Abstract

Kentang adalah jenis tumbuhan yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Selain sebagai bahan masakan, kentang sering dikreasikan menjadi jajanan untuk cemilan sehari-hari. Kentang ialah makanan penting dalam kehidupan masyarakat indonesia untuk dikomsumsi. Salah satu tahap dalam pengolahan kentang adalah pengupasan, pemotongan, dan pembersihan. Pengupasan pada dasarnya merupakan usaha untuk membersihkan kotoran yang ada pada obyek yang dibersihkan. Pemotongan merupakan usaha untuk membentuk objek yang ada menjadi bentuk yang diinginkan. Pembersihan merupakan usaha untuk membersihkan kotoran yang ada pada obyek yang dibersihkan. Keberhasilan dan kualitas kentang tergantung pada proses pengupasan, pemotongan, dan pembersihan yang dilakukan Mesin 3P (Pengupas, Pemotong, dan Pembersih) Kentang adalah salah satu perkembangan teknologi yang efektif dan sangat berguna. Metode Quality Function Deployment (QFD) digunakan dalam penelitian ini untuk mengidentifikasi elemen kunci yang diinginkan oleh calon pembeli atau pengguna. Identifikasi lebih lanjut dari variabel kunci ini akan mengarah pada pengembangan taktik inovatif yang harus digunakan. Analytical Hierarchy Process (AHP) adalah teknik yang digunakan.

Potatoes are one type of plant that is liked by the people of Indonesia. Aside from being a cooking ingredient, potatoes are often created as snacks for daily snacksIn order to support the claim that consumption of potatoes is inextricably linked to Indonesian culture. Peeling, chopping, and cleaning potatoes is one of the steps in the processing process. In essence, stripping is an effort to remove dirt from an object that is being cleaned. Attempting to shape an existing object into the required shape involves cutting. Cleaning is an effort to remove any filth from the item being cleaned.. The success and quality of potatoes depend on the peeling, cutting, and cleaning process that the 3P Machine 3P (Peel, Slice and Clean) Potatoes is one of the most effective and very useful technological developments. The purpose of this research is to find the main variables desired by prospective buyers/users, so the Quality Function Deployment (QFD) method is used. Further identification of these key variables will lead to the development of innovative tactics that should be used. The Analytical Hierarchy Process (AHP) is the technique employed.