Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Telaah Perkembangan Riset Total Quality Management dalam Sepuluh Tahun

Authors
  • Erico Sofyan Chrissandhi Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami No.36A, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia 57126
  • Eko Pujiyanto Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami No.36A, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia 57126
  • Retno Wulan Damayanti Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami No.36A, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia 57126
Issue       Vol 6 No 1 (2023): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v6i1.1870
Keywords: Kuantitatif State of the Art Total Quality Management Quantitative
Published 2023-10-20

Abstract

Total Quality Management (TQM) adalah ilmu yang berfokus pada kontrol dan peningkatan kualitas sebuah industri. TQM berfokus pada kepuasan pelanggan terhadap produk dan layanan industri. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengeksplorasi perkembangan ilmu TQM di Indonesia. Pendekatan yang digunakan adalah melalui studi terhadap state of the art dari keilmuan TQM dan analisis kuantitatif terhadap sejumlah publikasi jurnal. Publikasi jurnal diseleksi berdasarkan tahun terbit, bidang industri, dan alat dan teknik yang digunakan yang datanya diambil dari scopus. Hasil studi menunjukkan bahwa tren riset TQM terus meningkat dari tahun ke tahun dengan fokus riset sebagian besar terpusat pada sektor manufaktur dan pendidikan. Penggunaan alat dan teknik dari TQM bervariasi karena TQM memiliki beragam metode, namun Structural Equation Modeling (SEM) menjadi metode yang paling banyak digunakan. Artikel ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang definisi TQM, perkembangannya, serta potensi riset yang dapat dilakukan di masa depan. Pada umumnya, TQM telah membuktikan diri sebagai pendekatan yang efektif dalam meningkatkan kualitas dan kepuasan pelanggan. Namun berdasarkan eksistensinya, penerapan TQM di Indonesia jika dibandingkan dengan jumlah penelitian yang dilakukan diseluruh dunia berdasarkan sumber jurnal scopus, jumlah penelitian TQM di Indonesia masih terlampau sedikit. Oleh karena itu, penelitian lanjutan di bidang TQM diperlukan untuk mengatasi tantangan ini dan untuk terus meningkatkan efektivitas dan keberhasilannya dalam industri. Secara keseluruhan, artikel ini memberikan gambaran yang cukup lengkap tentang perkembangan TQM di Indonesia. Dengan memperhatikan tren riset, bidang industri, dan alat dan teknik yang digunakan, penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk meningkatkan penerapan TQM di Indonesia dan mengatasi tantangan yang terkait dengan penerapannya.

Total Quality Management (TQM) is a science that focuses on controlling and improving the quality of an industry. TQM focuses on customer satisfaction with industry products and services. This article aims to explore the development of TQM science in Indonesia. The approach is through a state of the art study of TQM science and quantitative analysis of many journal publications. Journal publications are selected based on the publication year; industry; tools and techniques, and the data taken from Scopus. The study results show that the trend of TQM research continues to increase yearly, focusing primarily on the manufacturing and education sectors. The use of tools and techniques from TQM varies because TQM has a variety of methods, but Structural Equation Modeling (SEM) is the most widely used method. This article is expected to provide an overview of the definition of TQM, its development, and the potential for future research. TQM has proven to be a practical approach to improving quality and customer satisfaction. However, based on its existence and the application of TQM in Indonesia, compared to the number of studies conducted worldwide based on Scopus journal sources, the number of TQM studies in Indonesia is still too small. Therefore, further research in the field of TQM is needed to overcome this challenge and continuously increase its effectiveness and success in the industry. Overall, this article provides a reasonably complete picture of the development of TQM in Indonesia. Considering research trends, industry fields, and tools and techniques used, further research can be carried out to improve the implementation of TQM in Indonesia and address the associated challenges.