Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Rancangan Eksperimen dengan Metode ANAVA dalam Penilaian Pengaruh Penambahan Air, Gula, dan Waktu Perendaman terhadap Hasil Akhir Osmosis pada Kentang

Authors
  • Anggreani Ongga Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara
  • Adeliani Kembaren Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara
  • Amalia Radhiatuzzahra Tarigan Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara
  • Rifka Aloyina Br Tarigan Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara
  • Wenny Wisely Departemen Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Sumatera Utara
Issue       Vol 6 No 1 (2023): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v6i1.1866
Keywords: ANAVA Desain Eksperimen Kentang Osmosis Experimental Design Potato
Published 2023-10-20

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada teori osmosis, yang menjelaskan bahwa perpindahan zat melalui membran semi-permeabel yang memungkinkan pelolosan zat-zat ertentu dari larutan yang memiliki konsentrasi rendah ke larutan yang memiliki konsentrasi tinggi. Desain eksperimen digunakan dalam penelitian ini dengan tujuan untuk mengidentifikasi pengaruh dari penambahan variabel air, gula, dan waktu perendaman terhadap hasil akhir osmosis pada berat kentang menggunakan metode rancangan eksperimen dengan analisis variansi (ANAVA) untuk memahami faktor-faktor yang paling mempengaruhi diantara ketiga variabel yang ada dalam eksperimen terhadap proses osmosis yang terjadi pada perendaman kentang. Data sampel percobaan sendiri diperoleh dari kegiatan eksperimen yang dilakukan sesuai perumusan t(n-1) ≥ 15 sebanyak total 24 kali percobaan dengan variasi kombinasi penambahan air, gula, dan waktu perendaman yang variatif. Pengujian terhadap data yang diperlukan dan yang akan dianalisis menggunakan perangkat lunak IBM SPSS Statistics. Dalam penelitian juga ditunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penambahan air, gula, dan faktor perendaman terhadap hasil akhir osmosis pada perubahan berat kentang. Dalam hal ini, penambahan air dan gula cenderung meningkatkan perubahan berat kentang karena diketahui bahwa tingkat hubungan antar tiap faktor dengan berat kentang adalah searah, sedangkan waktu perendaman yang lebih lama justru cenderung mengurangi perubahan berat kentang akibat proses osmosis. Hal ini diperkuat oleh hasil hubungan antar faktor lama waktu perendaman dengan berat akhir dari kentang yang berlawan arah.

This research is based on the theory of osmosis, which explains the movement of substances through a semi-permeable membrane that allows the passage of certain substances from a low concentration solution to a high concentration solution. The experimental design was used in this study with the aim of identifying the effects of adding variables such as water, sugar, and soaking time on the final outcome of osmosis in potato weight, using an experimental design method with analysis of variance (ANOVA) to understand the factors that most influence among the three variables in the experiment on the osmosis process that occurs during potato soaking. The sample data for the experiment was obtained from experimental activities carried out according to the formulation of t(n-1) ≥ 15, with a total of 24 experiments conducted with varying combinations of water, sugar, and soaking time. The required data for analysis was tested using IBM SPSS Statistics software. The research also showed that there is a significant influence of adding water, sugar, and soaking time factors on the final outcome of osmosis in terms of potato weight change. In this case, the addition of water and sugar tends to increase the change in potato weight, as it is known that the relationship between each factor and potato weight is positive, while longer soaking time tends to decrease the change in potato weight due to the osmosis process. This is supported by the results of the relationship between soaking time and the final weight of the potato, which is in the opposite direction.