Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Perancangan Produk Meatball Maker dengan Metode Brainstorming

Authors
  • Andreas Pandapotan Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara
  • Nur Aini Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara
  • Nila Ardianti Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara
  • Firda Sari Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara
  • Parulian Saragih Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara
Issue       Vol 6 No 1 (2023): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v6i1.1865
Keywords: Brainstorming Inovasi Meatball Maker Mind Mapping
Published 2023-10-20

Abstract

Brainstorming merupakan suatu metode berdiskusi dengan tujuan untuk menghimpun suatu gagasan, pendapat, informasi, pengetahuan, pengalaman dari semua anggota. Berbeda dengan diskusi pada umumnya yang mana gagasan dari seseorang ditanggapi (didukung, dilengkapi, dikurangi, atau tidak disepakati) oleh peserta lain, pada pengguna model brainstorming gagasan orang lain tidak ikut  untuk ditanggapi.  Dalam jurnal ini kami akan membahas tentang mesin Meatball Maker. Pengusaha atau penjual bakso pada skala UMKM kebanyakan masih mencetak bakso dengan manual yaitu menggunakan tangan maupun hanya sendok. Tidak meratanya ukuran membuat daya tarik bakso tersebut berkurang. Permasalahan lainnya yang ditemukan dalam mencetak produk bakso yang dilakukan secara manual yaitu lambatnya produksi bakso. Tidak hanya itu, proses perhitungan bakso yang telah dicetak pada umumnya masih menggunakan tenaga manusia yang menyebabkan sering terjadinya ketidakefisiensian dan kurangnya akurasi perhitungan basko. Berangkat dari permasalahan tersebut, muncul gagasan untuk merancang produk Meatball Maker yang dapat mencetak dan menghitung bakso dengan sensor inframerah. Melalui metode brainstroming, akan didapatkan 10 atribut untuk menjadi dasar dalam merancang produk Meatball Maker. Adapun 10 atribut dari hasil brainstorming adalah  bahan produk yang yang terbuat dari plastik, warna produk yang bewarna putih, ukuran produk 402020 cm, menggunakan mesin 1 fasa 125 watt, memiliki fitur timer, bahan peredam suara yang terbuat dari aluminium foil, menggunakan motor listrik sebagai pemutar screw,  menggunakan sensor inframerah untuk menghitung bakso, menggunakan microcontroller, dan menggunakan LCD display untuk menampilkan jumlah basko yang telah dicetak.

Brainstorming is a method of discussion with the aim of gathering ideas, opinions, information, knowledge, experiences from all members. In contrast to the general discussion in which one person's ideas are responded to (supported, supplemented, reduced, or not agreed) by other participants, users of the brainstorming model of other people's ideas do not participate in responding to them. In this journal we will discuss about the Meatball Maker machine. Most entrepreneurs or sellers of meatballs on the MSME scale still print meatballs manually by using their hands or just using a spoon. The uneven size reduces the attractiveness of the meatballs. Another problem found in manually printing meatball products is the slow production of meatballs. Not only that, the process of calculating the meatballs that have been printed in general still uses human labor which causes frequent inefficiencies and lack of accuracy in calculating the bowls. Based on these problems, the idea emerged to design a Meatball Maker product that can print and count meatballs with an infrared sensor. Through the brainstorming method, 10 attributes will be obtained to be the basis for designing Meatball Maker products. The 10 attributes from the results of the brainstorming are product materials made of plastic, the color of the product is white, the product size is 40×20×20 cm, uses a 125-watt 1-phase machine, has a timer feature, soundproofing material is made of aluminum foil, using an electric motor as a screw player, using an infrared sensor to count meatballs, using a microcontroller, and using an LCD display to display the number of bowls that have been printed.