Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Perancangan Produk Kursi Olahraga dan Terapi pada Wanita Hamil menggunakan Metode Survei Pasar

Authors
  • Raja Ahsan Andifa Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Jalan Dr. T Mansur No. 9, 20222, Medan, Indonesia
  • Juni Arta Lubis Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Jalan Dr. T Mansur No. 9, 20222, Medan, Indonesia
  • , Cindy Angelia Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Jalan Dr. T Mansur No. 9, 20222, Medan, Indonesia
Issue       Vol 6 No 1 (2023): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v6i1.1850
Keywords: Pemasaran Survei Pasar Kuesioner Teknik Sampling Uji Validitas dan Uji Reliabilitas Marketing Market Surveys Sampling Techniques Questionnaires Validity And Reliability Tests
Published 2023-10-20

Abstract

Pemasaran ialah suatu langkah untuk memenuhi permintaan dan keinginan konsumen serta untuk mencapai keuntungan dari segala pihak. Pemasaran disebut sebagai kunci keberhasilan suatu bisnis/usaha. Pemasaran melibatkan banyak pihak karena didalamnya terjadi proses sampainya barang dan jasa mulai dari produsen hingga tiba ke tangan konsumen. Kuisioner merupakan media yang digunakan untuk mengumpulkan suatu informasi dari beberapa pertanyaan ditujukan kepada responden yang akan menjawab pertanyaan tersebut. Tujuan menggunakan kuesioner dalam tahapan pembuatan produk ini adalah sebagai cara mendapatkan informasi berupa opini, keinginan dan kebutuhan responden. Kuesioner terbuka adalah dapat digunakan apabila peneliti tidak mengetahui semua alternatif jawaban, bisa juga jika peneliti ingin melihat bagaimana jawaban responden serta alasan-alasan dari jawaban tersebut. Kuesioner tertutup merupakan kuesioner yang tersusun atas beberapa alternatif jawaban sehingga responden dapat memilih yang diisi menggunakan tanda. Teknik sampling ialah suatu teknik diambilnya sampel yang berguna sebagai penentu sampel yang digunakan, teknik yang digunakan ialah teknik Nomogram Harry King dimana teknik ini ialah teknik penentuan ukuran sampel pada populasi. Uji validitas ialah suatu teknik pengujian yang berguna sebagai penunjuk sejauh mana pengukuran dilakukan. Uji reliabilitas berfungsi untuk menentukan kekonsistenan sebuah instrumen dalam mengumpulkan data data penelitian. Syarat valid dan reliabel diatas 0,329 dan hasil uji validitas dan reliabilitas terhadap kinerja, harapan, dan atribut produk tersebut adalah valid dan reliable, artinya hasil pengukuran dapat mewakili unit yang diteliti, dan memiliki konsistensi yang tinggi sehinga hasil pengukuran dapat diandalkan.

 

Marketing is a step to fulfill consumer demand and desire and to achieve profits from all parties. Marketing is referred to as a key to the success of a business/business. Marketing involves many parties because in it there is a process until the goods and services are starting from manufacturers to arriving to the hands of consumers. Questionnaires are a medium used to collect information by providing some questions that respondents will be answered. The purpose of using a questionnaire in the stages of making this product is as a way of obtaining information in the form of opinion, desire and needs of respondents. An open questionnaire is to be used if researchers do not know all alternatives to answers, it may also be if researchers want to see how respond to respondents and the reasons of the answer. Closed questionnaires are a questionnaire arranged of several alternative answers so that respondents can choose those filled with signs. The sampling technique is a useful sample takes to determine the sample to be used, a technique used is the Harry King Nomogram technique of this technique is the determining technique of sample sizes in the population. Validity tests are a test technique that is useful as a pointer where the measurement is carried out. The rally tests function to determine the inconsistency of an instrument in collecting research data. The requirements are valid and disabled above 0.329 and the validity of the validity test and rallyability against performance, hope, and the attributes of such products are valid and reliable, meaning that the measurement results can represent the researched unit, and have a high consistency so that the measurement results can be relied on.