Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Pengembangan Alat The Tremulator dengan Survei Pasar

Authors
  • Edwin Andreason Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara, Jalan Dr. T. Mansur No. 9, 20222 Medan, Indonesia
  • Nicholas Ferdynando Ng Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara, Jalan Dr. T. Mansur No. 9, 20222 Medan, Indonesia
  • Irbah Salsabilla Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara, Jalan Dr. T. Mansur No. 9, 20222 Medan, Indonesia
Issue       Vol 6 No 1 (2023): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v6i1.1849
Keywords: Survei Pasar The Tremulator Kuesioner Market Survey Questionnaire
Published 2023-10-20

Abstract

Keberhasilan suatu produk menjadi tolak ukur yang direncanakan dimana kemampuan produk tersebut bersaing dengan produk lainnya yang beredar di pasaran. Riset pasar adalah salah satu cara untuk mengevaluasi potensi produk untuk memuaskan keinginan pengguna dan mengevaluasinya terhadap penawaran pesaing. Semua industri, kecil, menengah, dan besar, telah terinspirasi oleh perkembangan cepat lingkup industri untuk menjadi lebih inventif dan kreatif dalam menciptakan produk yang kompetitif dengan saingan mereka. Produk-produk dengan keunggulannya dibandingkan dengan produk-produk pesaing yang harga murah cenderung mendominasi pasar. Pemasaran produk juga mempengaruhi seberapa baik suatu produk melakukannya. Kajian ini dilakukan untuk melihat seberapa baik The Tremulator dapat bersaing dengan produk lain yang ada di pasaran dalam hal memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Alat The Tremulator adalah salah satu jenis produk dari  Assistive Technology  yang  dipakai  sebagai  alat  bantu bagi penderita penyakit Tremor atau Parkinson untuk melakukan kegiatan sehari-hari dengan kestabilan. Pasien dengan Tremor diberikan kuesioner sebagai bagian dari survei pasar penelitian ini, dengan 32 responden yang diberikan kuesioner terbuka dan tertutup. Hasil dari kuesioner terbuka yang dilaksanakan tersebut didapatkan modus dari kuesioner terbuka adalah hitam, polos, jam tangan, aluminium, karet, semi otomatis, baterai kancing, water resistant, on/off switch, dan strap adjustment. Dari rekapitulasi kuesioner tertutup, dengan pengujian validitas kinerja dengan syarat R > 0,349 diketahui bahwa hasil uji validitas dan reliabilitas terhadap kinerja, harapan, dan atribut produk tersebut adalah valid dan reliable, dimana artinya hasil pengukuran dapat mewakili unit yang diteliti, dan memiliki konsistensi yang tinggi sehinga hasil pengukuran dapat diandalkan.

 

The success of a product becomes a planned standard in which the product's capability to contend with other products on the request. Market research is evaluate a product's potential to satisfy user wants and evaluate it against competitors' offerings. All industries, small, medium and large, have been inspired by the rapid development of the industry sphere to become more inventive and creative in creating products that are competitive with their rivals. Products with advantages compared to competitive products that are cheap tend to dominate the market. Product marketing also influences how well a product does. This study was conducted to see how well The Tremulator can contend with other products on the market in terms of satisfying consumer needs and wants. The Tremulator is a type of product from Assistive Technology that is used as a tool for people with Tremor or Parkinson's disease to carry out daily activities with stability. Patients with tremor were administered a questionnaire as part of this study's market survey, with 32 respondents administered both open and closed questionnaires. The findings from the open survey conducted revealed the methods used in the open questionnaire were black, plain, watch, aluminum, rubber, semi-automatic, button battery, water resistant, on/off switch, and strap adjustment. Based on the summary of the closed questionnaire, by testing the validity of the performance with the condition R > 0.349 it is known that the outcomes of the validity and reliability assessments conducted on performance, expectations, and product attributes demonstrate their accuracy and consistency, which means that the measurement results can represent the unit under study, and have high consistency so that the measurement results are reliable.