Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Penerapan Metode Survey Pasar Pada Perancangan Sol Sepatu Ortotik Penderita Flat Foot

Authors
  • Nelson Wynn Fakultas Teknik, Departemen Teknik Industri, Universitas Sumatera Utara, Jalan Dr. T. Mansur No. 9, 20222, Medan, Indonesia
  • Pieter Evandi Fakultas Teknik, Departemen Teknik Industri, Universitas Sumatera Utara, Jalan Dr. T. Mansur No. 9, 20222, Medan, Indonesia
  • Jonathan Mathew Simanjuntak Fakultas Teknik, Departemen Teknik Industri, Universitas Sumatera Utara, Jalan Dr. T. Mansur No. 9, 20222, Medan, Indonesia
Issue       Vol 6 No 1 (2023): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v6i1.1848
Keywords: Riset Pasar Kuesioner Sol Sepatu Ortotik Market research Questionnaires Orthotic Shoe Insoles
Published 2023-10-20

Abstract

Riset pasar merupakan sebuah proses yang melibatkan pengidentifikasian, pengumpulan, analisis, penyebaran, dan pemanfaatan informasi secara sistematis dan objektif untuk mendukung keputusan manajemen dalam mengidentifikasi serta menyelesaikan masalah dalam ranah pemasaran. Untuk memperkenalkan produk baru dan mempertahankan usaha yang telah ada, perusahaan perlu melakukan riset pasar sebagai bagian dari persiapan dalam menjalankan usaha baru. Sebuah riset pasar harus memiliki tujuan jelas yang berfokus pada hal-hal yang akan dicari. Survei pasar yang dilakukan dalam pengembangan produk sol sepatu ortotik yaitu dengan cara melakukan penyebarkan kuesioner terbuka dan tertutup kepada penderita kaki flat foot. Data hasil penyebaran kuesioner tersebut kemudian akan diolah untuk mendapatkan gambaran produk yang diinginkan oleh target pasar. Inovasi yang dilakukan pada perancangan sol sepatu ortotik yaitu dengan menambahkan healthy acupuncture, balancer, dan belt. Sasaran pasar identifikasi yaitu penderita usia dewasa dengan ukuran sepatu 36-45. Teknik sampling yang diterapkan ialah non-probability sampling dengan jenis quota sampling yang setiap unit sampling diberi peluang dipilih sebagai sampel untuk mewakili populasinya. Penentuan jumlah sampel dilakukan dengan menggunakan 36 responden. Syarat valid dan reliable diatas 0,329 dan hasil uji validitas dan reliabilitas terhadap kinerja, harapan, dan atribut produk tersebut adalah valid dan reliable, artinya hasil pengukuran dapat mewakili unit yang diteliti dan memiliki konsistensi yang tinggi sehingga hasil pengukuran dapat diandalkan.

 

Market research is a structured and unbiased process of recognizing, gathering, scrutinizing, distributing, and implementing information to assist in making managerial decisions associated with recognizing and addressing marketing difficulties. Undertaking a market research is essential for companies as they prepare to launch new businesses, introduce new products, and sustain existing ones. A market research must have a clear objective that focuses on the things to be searched for. The market survey conducted in the development of orthotic shoe sole products is by distributing open and closed questionnaires to people with flat foot. The data from the distribution of the questionnaires will then be processed to get an overview of the products desired by the target market. The innovation made in the design of orthotic shoe soles is by adding healthy acupuncture, balancer, and belt. The target market for identification is adult patients with shoe sizes 36-45. The method of sampling utilized was quota sampling, which is a non-probability sampling technique where every unit in the sample has a chance of being selected to represent the entire population. Determination of the number of samples was carried out using 36 respondents. Valid and reliable requirements are above 0.329 and the results of the validity and reliability tests on performance, expectations, and product attributes are valid and reliable, meaning that the measurement results can represent the unit under study and have high consistency so that the measurement results are reliable.