Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Penerapan Metode Survei Pasar pada Pembuatan Sikat Gigi Elektrik Biodegradable

Authors
  • Hardandi Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Jl. Dr. T. Mansyur No.9, Padang Bulan, Medan 20222, Indonesia
  • Jasmine Meilani Halim Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Jl. Dr. T. Mansyur No.9, Padang Bulan, Medan 20222, Indonesia
  • Selly Maria Purba Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Jl. Dr. T. Mansyur No.9, Padang Bulan, Medan 20222, Indonesia
Issue       Vol 6 No 1 (2023): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v6i1.1840
Keywords: Sikat Gigi Survei Pasar Kuesioner Pengujian Sampel Toothbrush Market Survey Questionnaire Sample Testing
Published 2023-10-20

Abstract

Keberhasilan suatu suatu perancangan produk ditentukan melalui kemampuan suatu produk bersaing di pasar. Survei pasar bertujuan untuk meninjau tingkat penerimaan pasar terhadap kualitas produk yang terdapat pada pasar dan membandingkannya dengan produk pesaingnya. Penelitian ini dilakukan untuk meninjau kemampuan produk Sikat Gigi Elektrik Biodegradable dalam bersaing dengan produk lain di pasar untuk pemenuhan kebutuhan serta keinginan konsumen. Sebuah survei pasar dilakukan terhadap pasien yang berada di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Sumatera Utara yang memiliki kaitan dengan penggunaan Sikat Gigi Elektrik Biodegradable sebagai produk mencegah timbulnya plak pada gigi yang dapat menyebabkan peradangan gusi (gingivitis). Tujuan penelitian ini adalah menetapkan banyak sampel dari populasi yang diteliti menggunakan teknik sampling dan memperoleh data dari pasar melalui kuesioner untuk dilakukan pengujian sampel agar dapat menentukan spesifikasi produk yang dibutuhkan. Metode probability sampling dengan simple random sampling digunakan sebagai teknik sampling di mana setiap unit sampling berkesempatan yang sama untuk terpilih sebagai sampel yang merepresentasi populasinya. Rumus Slovin digunakan dalam penentuan jumlah sampel yaitu 30 responden. Kuesioner terbuka dan tertutup digunakan sebagai metode pengumpulan data. Hasil pengumpulan data kemudian dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Data yang valid dan dapat diandalkan diperoleh melalui pengujian validitas dan reliabilitas. Data yang diperoleh dari kuesioner yang disebar kemudian diolah untuk mendapatkan spesifikasi rancangan produk yang sesuai dengan keinginan pasar.

 

The success of a product design is determined by the ability of a product to compete in the market. The market survey aims to review the level of market acceptance of product quality on the market and compare it with competitors' products. This research was conducted to review the ability of Biodegradable Electric Toothbrush to compete with other products on the market to meet consumer needs and desires. A market survey was conducted on patients who were at the Dental and Oral Hospital of the University of North Sumatra who are related to the use of Biodegradable Electric Toothbrushes as a product to prevent gums inflammation (gingivitis). The purpose of this study was to actuate the samples number from the observed population using sampling technique and to obtain data from the market through questionnaires for sample testing in order to determine the required product specifications. One sampling unit has an equal probability of being chosen as a representative sample of the population when simple random sampling is utilized as the sampling strategy. The Slovin formula is used in determining the number of samples, namely 30 respondents. Open and closed questionnaires were utilized as method of data collection. The validity and reliability of the data gathering outcomes were then evaluated. Valid and reliable data is obtained through validity and reliability testing. The data obtained from the distributed questionnaires is then processed to obtain product design specifications that are in accordance with market desires.