Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Survei Pasar Perancangan dan Pengembangan Produk Therapy Pillow untuk Mengatur Suhu Pasien Menggunakan Sensor Arduino Uno

Authors
  • Dhiya Salsabilla Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Fadilla Irwany Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Jihan Nabila Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Marisa Zahra Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Pretty Aswini Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Issue       Vol 6 No 1 (2023): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v6i1.1806
Keywords: Arduino Uno Kuesioner Survei pasar Therapy Pillow Market Survey Questionnaire
Published 2023-10-20

Abstract

Perancangan produk Therapy Pillow adalah untuk menjadi pengganti bantal terapi yang pada umumnya tidak dapat mengatur suhu yang di butuhkan oleh tubuh sehingga dapat menyebabkan panas berlebih bagi pasien. Survey pasar perlu dilakukan untuk mengetahui keinginan konsumen terhadap produk Therapy Pillow. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan para konsumen pada produk Therapy Pillow. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dimana penilitian dilakukan untuk mengetahui nilai suatu variabel dalam mendeskripsikan sesuatu menggunakan pendekatan kuantitatif dari pengumpulan, analisis serta rekapitulasi data. Data yang di peroleh bersumber dari kuesioner terbuka dan tertutup yang di sebarkan kepada 36 responden terdiri dari masyarakat yang umum menggunakan bantal terapi panas. Dari kuesioner terbuka diperoleh modus dari setiap atribut yang hasilnya diperoleh fitur-fitur seperti bantal berwarna biru, rentang suhu 30-400C, menggunakan layar LCD di bagian samping bantal, menggunakan type kabel type-c, menggunakan power supply berupa baterai, menggunakan motif polos, dengan dimensi 50 cm x 40 cm x 15 cm, berbentuk persegi panjang, menggunakan bahan yang terbuat dari katun dan disertai dengan fungsi tambahan sensor pengingat berupa alarm suara. Selanjutnya dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas secara manual sehingga data yang diperoleh valid dan reliabel.

 

The design of Therapy Pillow products is to be a substitute for therapeutic pillows that generally cannot regulate the temperature needed by the body so that it can cause overheating for patients. Market surve needs to be done to find out the desire of consumers towards this Therapy Pillow product. The purpose of this study is to find out the wants and needs of consumers in Therapy Pillow products. The research method used in this research is descriptive with quantitative approach, where research is done to find out the value of a variable in describing something using a quantitative approach of data collection, analysis and recapitulation. The data obtained was sourced from an open and closed questionnaire distributed to 36 respondents consisting of the general public using heat therapy pillows. From the open questionnaire obtained the mode of each attribute whose results are produced features such as blue pillows, temperature range 30-400C, using an LCD screen next to the pillow, using type-c cables, using power supplay in the form of batteries, using plain motifs, with dimensions of 50cmx40cmx15cm, rectangular shaped, using materials made of cotton, and accompanied by additional functions of reminder sensors in the form of sound alarms. Furthermore, a validity test and rehabilitation test are carried out manually so that the data is obtained valid and reliable.