Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Analisis Peningkatan Kualitas untuk Mengurangi Cacat Produk Kabel NYA di PT XYZ Menggunakan Metode Six Sigma

Authors
  • Azrani Saragih Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Jalan Dr. T. Mansyur No. 9, Padang Bulan, Medan, Indonesia
  • Wanda Burma Sari Harahap Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Jalan Dr. T. Mansyur No. 9, Padang Bulan, Medan, Indonesia
  • Diora Febe Gultom Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Jalan Dr. T. Mansyur No. 9, Padang Bulan, Medan, Indonesia
Issue       Vol 6 No 1 (2023): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v6i1.1775
Keywords: Pengendalian Kualitas Six Sigma DMAIC Quality Control
Published 2023-10-20

Abstract

Suatu perusahaan harus mampu mengelola seluruh sumber dayanya agar kinerjanya optimal dan mampu mengembangkan sistem kerja yang lebih baik. Kualitas adalah suatu penilaian yang berasal dari pelanggan terhadap produk dalam bentuk tingkat kepuasan. Tingkat kepuasan konsumen adalah fungsi yang membandingkan kinerja yang diminta dengan harapan. Salah satu opsi yang dapat dilakukan perusahaan adalah quality control. Six Sigma adalah metode terstruktur dan terdokumentasi dengan baik yang dapat membantu organisasi mencapai tujuan yang diinginkan melalui perbaikan terus-menerus. PT. XYZ merupakan perusahan produksi kabel dengan salah satu tipe kabelnya adalah kabel NYA. Kabel yang diproduksi memiliki tiga cacat atribut yang terdiri dari cacat terbakar, terkelupas, dan sompel. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penyebab kecacatan produk kabel NYA menggunakan metode Six Sigma sehingga diperoleh perbaikan-perbaikan untuk meningkatkan kualitas dan mengurangi cacat. Diharapkan setelah dilakukan pengendalian kualitas, PT XYZ dapat memproduksi produk yang high quality, cacat yang minim, penekanan biaya produksi, hemat waktu, dan unggul dalam bersaing. Terdapat beberapa faktor penyebab terjadinya cacat pada kabel NYA yang mencakup faktor manusia, mesin, material, dan metode. Nilai six sigma yang dihitung menggunakan software Six Sigma Calculator untuk produk kabel NYA yang terbakar, terkelupas, dan sompel berada pada nilai 3,4. Frekuensi jumlah produk cacat dapat dikurangi dengan mengimplementasikan rencana-rencana perbaikan yang telah didapatkan melalui teknik 5W +1H.

 

A company must be able to manage all of its resources so that its performance is optimal and able to develop a better work system. Quality is an assessment that comes from customers on products in the form of satisfaction levels. The level of consumer satisfaction is a function that compares the requested performance with expectations. One option that companies can do is quality control. Six Sigma is a structured and well-documented method that can help organizations achieve their desired goals through continuous improvement. PT. XYZ is a cable production company with one of the cable types being NYA cables. The cables produced have three attribute defects which consist of burnt, peeled, and chipped defects. The purpose of this study was to analyze the causes of defects in NYA cable products using the Six Sigma method in order to obtain improvements to improve quality and reduce defects. It is hoped that after quality control, PT XYZ can produce high quality products, minimize defects, reduce production costs, save time, and excel in competition. There are several factors that cause defects in NYA cables which include human factors, machines, materials, and methods. The six sigma value calculated using the Six Sigma Calculator software for NYA cable products that are burnt, chipped, and chipped is at a value of 3.4. The frequency of the number of defective products can be reduced by implementing improvement plans that have been obtained through the 5W + 1H technique.