Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Perancangan dan Pengembangan Produk: Survei Pasar terhadap Produk Pompa Otomatisasi Presisi

Authors
  • Fedrico Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Jln. Almamater Kampus USU, Medan 20155, Indonesia
  • Alvin Giovani Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara, Jln. Prof. A. Sofyan No. 3 Kampus USU, Medan 20155, Indonesia
  • Devin Kiemas Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara, Jln. Prof. A. Sofyan No. 3 Kampus USU, Medan 20155, Indonesia
  • Jeffry Edbert Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara, Jln. Prof. A. Sofyan Kampus USU, Medan 20155, Indonesia
  • Wilbert Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Sumatera Utara, Jln. Alumni No. 9 Kampus USU, Medan 20155, Indonesia
Issue       Vol 6 No 1 (2023): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v6i1.1771
Keywords: Survei Pasar Kuesioner Pompa Otomatisasi Presisi Market Survey Questionnaire Precision Automated Pump
Published 2023-10-20

Abstract

Survei pasar menjadi penting dalam perancangan produk karena memberikan informasi terbaru, akurat, dan komprehensif tentang kondisi pasar. Kekurangan data atau informasi sering kali menjadi hambatan dalam pengambilan keputusan terkait produk. Dengan demikian, survei pasar dilakukan guna mengungkapkan pola desain produk yang diinginkan oleh masyarakat. Survei pasar dengan penggunaan kuesioner sebagai alat bantu digunakan sebagai metode penelitian kali ini. Kegiatan survei dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada 36 dari 40 populasi pelaku pasar yang relevan, dan kemudian diisi dengan jawaban sesuai dengan pemikiran responden. Validitas dan reliabilitas kuesioner diuji menggunakan software SPSS. Hasil survei pasar akan digunakan sebagai dasar dalam perancangan produk pompa otomatisasi presisi. Dengan menggunakan survei pasar, diharapkan dapat memperoleh informasi yang diperlukan untuk mengendalikan pengukuran dalam perancangan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pasar. Survei pasar menjadi langkah awal yang penting dalam pengembangan produk yang sukses. Dalam kesimpulan, survei pasar adalah alat yang efektif dalam mengumpulkan informasi tentang preferensi pasar dalam perancangan produk, dan hasilnya akan menjadi panduan dalam menghadapi tantangan pasar yang kompleks.

 

Market survey becomes crucial in product design as it provides up-to-date, accurate, and comprehensive information about market conditions. Data or information shortages often hinder decision-making regarding products. Therefore, market survey is conducted to reveal patterns of product design desired by the public. Market survey using questionnaires as a tool is employed as the research method in this study. The survey activity is carried out by allocating the questionnaires to 36 out of 40 relevant market players, which are then filled with responses according to the respondents' thoughts. The soundness and dependability of the survey instrument are examined using SPSS software. The outcomes obtained from the market survey will be utilized as the fundamental reference for designing the precision automation pump product. Through the utilization of market research, it is anticipated that vital information will be acquired to effectively manage measurement aspects in product design, aligning with the ever-evolving needs and preferences of the market. Market research serves as an important initial step in successful product development. In conclusion, market research is an effective tool for gathering information on market preferences in product design, and its results will serve as a guide in addressing complex market challenges.