Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Pemetaan Perkembangan Alternatif Solusi Kemacetan di Terminal Pelabuhan

Authors
  • Silvia Febriani Universitas Gadjah Mada, Jl. Grafika No. 2, Daerah Istimewa Yogyakarta (55223), Indonesia
  • Budhi Sholeh Wibowo Universitas Gadjah Mada, Jl. Grafika No. 2, Daerah Istimewa Yogyakarta (55223), Indonesia
Issue       Vol 5 No 2 (2022): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v5i2.1640
Keywords: Kemacetan Pelabuhan Terminal Congestion Port
Published 2022-12-13

Abstract

Transportasi merupakan salah satu komponen utama biaya logistik dalam kegiatan ekonomi. Sekitar 80% dari total volume dan 70% dari total nilai arus barang di dunia dilakukan lewat transportasi laut. Akibat dari peningkatan lalu lintas transportasi laut tersebut menyebabkan kemacetan truk di gerbang terminal peti kemas. Kemacetan truk tersebut menimbulkan banyak kerugian, tidak hanya kerugian finansial namun juga kerugian lingkungan seperti polusi yang dapat memicu timbulnya kanker, asma, dan penyakit pernafasan lainnya. Berbagai solusi telah diusulkan untuk mengatasi permasalahan ini. Solusi yang sudah ada diklasifikasikan menjadi beberapa aktivitas melalui metode tinjauan literatur yang merupakan cara yang sistematis untuk mengumpulkan dan mensintesis penelitian sebelumnya. Studi ini bertujuan memetakan perkembangan solusi terkini untuk mengatasi kemacetan di terminal pelabuhan dengan menggunakan metode studi literatur. Kajian dari 28 artikel menunjukkan tren penelitian yang fluktuatif. Selain itu objek penelitian masih didominasi oleh negara maju dan metode yang banyak digunakan adalah metode analitis. Hasil pemetaan menunjukkan adanya tiga tema utama dalam solusi yang ditawarkan, yaitu perluasan kapasitas penanganan terminal, mengubah kedatangan truk dan meningkatkan koordinasi. Dari kajian ini ditemukan bahwa penelitian di negara berkembang dan penelitian yang mengusulkan peningkatan koordinasi masih sangat sedikit. Hal ini memberikan peluang kepada penelitian selanjutnya dengan mengkolaborasikannya dengan perkembangan teknologi dan informasi saat ini.

Transportation is one of the main components of logistics costs in economic activities. About 80% of the total volume and 70% of the total value of the flow of goods in the world is carried out via sea transportation. As a result of the increase in sea transportation traffic, it causes truck congestion at the gates of the container terminal. The truck congestion causes a lot of losses, not only financial losses but also environmental losses such as pollution that can trigger cancer, asthma, and other respiratory diseases. Various solutions have been proposed to overcome this problem. The existing solutions are classified into several activities through the literature review method which is a systematic way to collect and synthesize previous research. This study aims to map the development of the latest solutions to overcome congestion at the port terminal by using the literature study method. A review of 28 articles showed fluctuating research trends. In addition, the object of research is still dominated by developed countries and the method that is widely used is the analytical method. The mapping results show that there are three main themes in the solutions offered, namely expanding terminal handling capacity, changing truck arrivals and improving coordination. From this study it was found that research in developing countries and research suggesting improved coordination are still very few. This provides opportunities for further research by collaborating with current developments in technology and information.