Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Uji Validitas dan Reliabilitas Hasil Survei Perancangan Produk Sinar Infrared Multi-Fungsi

Authors
  • Chris Tanaka Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Rosnani Ginting Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Nicholas Wijaya Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Wilbert Kokman Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Issue       Vol 5 No 2 (2022): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v5i2.1631
Keywords: Lampu Infrared Multifungsi survey validitas dan reliabilitas Multifunctional Infrared Lamp validity and reliability
Published 2022-12-13

Abstract

Lampu Infrared Multifungsi ini bertujuan sebagai salah satu alternatif untuk melakukan fisioterapi dalam meredakan nyeri pada otot, punggung, dan pengobatan penyakit stroke secara mandiri, sehingga pasien dapat melakukan terapi dimana saja dan kapan saja dengan menggunakan lampu ini. Dalam perancangan produk dibutuhkan informasi awal terkait keinginan konsumen terhadap produk yang akan dibuat sebelumnya dibutuhkan pula target pasar dari produk yang akan dibuat tersebut mulai dari segementasi targeting hingga positioning. Untuk mendapatkan informasi tersebut dilakukan penyebaran kueisioner terbuka dan penyebaran kueisioner tertutup lanjutan dalam menentukan atribut produk yang tepat dan sesuai kebutuhan konsumen. Penentuan jumlah konsumen yang dimintai respon terhadap produk ini sesuai dengan teknik pengambilan sampling yakni minimal 30 responden. Dari informasi yang didapatkan ini kemudian dilakukan uji reliabilitas dan uji validitas untuk melihat ketepatan pengukuran dan juga melihat ketepatan alat ukur. Setelah dilakukan pengujian didapatkan informasi mengenai atribut dari produk yang didapatkan adalah valid dan reliabel. Dengan demikian penentuan atribut yang sudah valid dan reliabel memungkinkan kita dapat menggunakan informasi tersebut untuk digunakan dalam perancangan produk Lampu Infrared Multifungsi.

This multifunctional Infrared lamp is intended as an alternative for physiotherapy in relieving pain in muscles, back and treatment of stroke independently, so that patients can do therapy anywhere and anytime using this lamp. In designing the product, initial information is needed regarding the consumer's desire for the product that will be made beforehand. It also requires a target market for the product to be made, starting from segmentation targeting to positioning. To obtain this information, open questionnaires were distributed and further closed questionnaires were distributed in determining the appropriate product attributes and according to consumer needs. Determination of the number of consumers who are asked to respond to this product is in accordance with the sampling technique, which is a minimum of 30 respondents. From the information obtained, the reliability test and validity test were then carried out to see the accuracy of the measurement and also to see the accuracy of the measuring instrument. After testing, information about the attributes of the product obtained is valid and reliable. Thus, the determination of valid and reliable attributes allows us to use this information to be used in designing a multifunctional Infrared Lamp product.