Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Pengembangan Produk Rompi Safety Lighting dengan Menggunakan Survei Pasar pada Pekerja Otomotif

Authors
  • Saradinda Simbolon Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Ruth Monalisa Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Rosma Hairani Daulay Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • M. Fariz Adura Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Kevin Cerullo Sitorus Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Issue       Vol 5 No 2 (2022): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v5i2.1621
Keywords: Survei Pasar Kuesioner Rompi Safety Lighting Segmentasi Targetting Positioning Market Survey Questionnaire Segmentation Vest Safety Lighting
Published 2022-12-13

Abstract

Untuk mengetahui minat dan kebutuhan konsumen terhadap Rompi Safety Lighting, maka perlu dilakukan survei pasar. Adapun sampel dari survei pasar produk Rompi Safety Lighting merupakan pekerja bengkel otomotif di xx. Informasi yang terkumpulkan nantinya akan digunakan sebagai bahan untuk pengambilan keputusan dan evaluasi terkait perbaikan dan penyempurnaan produk serta segmentasi, targetting, dan positioning produk Rompi Safety Lighting. Metode survei ialah salah satu instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dan bahanbahan yang dibutuhkan dalam melakukan sebuah penelitian terutama dalam hal ini ialah perancangan dan pengembangan produk. Para peneliti akan melakukan pengamatan dengan mengumpulkan data dari narasumber atau informan dalam bentuk instrumen kuesioner. Para peneliti akan memberikan pertanyaan secara terstruktur dan berkaitan dengan jawaban yang kita harapkan dari variabel produk dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami responden agar memberikan hasil yang baik untuk penelitian dalam kuesioner tersebut. Penyebaran kuesioner membutuhkan perhitungan kecukupan data responden, sehingga dalam perancangan dan pengembangan produk Rompi Safety Lighting ini jumlah populasi yang digunakan dalam objek penelitian ialah sebanyak 32 orang. Kemudian, dengan menggunakan metode Krajcie Morgan didapatkan jumlah ukuran sampel yang digunakan ialah 30 orang. Kemudian hasil kuesioner tertutup dilakukan rekapitulasi agar dapat melakukan uji validitas dan reliabilitasnya untuk menentukan apakah pengumpulan data yang dilakukan pada kuesioner sudah valid dan reliable sehingga menjadi instrumen penelitian yang baik. Validitas dilakukan untuk menilai apakah instrumen pengukuran yang digunakan sudah tepat atau tidak dan reliabilitas dilakukan untuk menilai sejauh mana pengukuran tersebut dapat dipercaya. Hasil dari kuesioner ini nantinya berguna sebagai panduan dalam menentukan standar spesifikasi dari produk Rompi Safety Lighting yang akan dibuat.

To find out the interests and needs of consumers for the Vest Safety Lighting, it is necessary to conduct a market survey. The sample from the market survey for the Vest Safety Lighting product is an automotive workshop worker at xx. The information collected will later be used as material for decision making and evaluation related to product improvement and refinement as well as segmentation, targeting, and positioning of the Vest Safety Lighting product. The survey method iscone ofcthe instrumentscusedcto collectcdata andcmaterials neededcin conducting a research, especially in this case is product design and development. Researchers will conduct observations by collecting data from sources or informants in the form of a questionnaire instrument. Researchers will provide structured questions related to the answers we expect from product variables and use language that is easy for respondents to understand in order to provide good results for research in the questionnaire. The distribution of the questionnaire requires the calculation of the adequacy of the respondent's data, so that in the design and development of the Vest Safety Lighting product, the population used in the research object is as many as 32 people. Then, by using the KrajciecMorgan method, the total sample size used was 30 people. Then the results of the closed questionnaire are recapitulated in orderctocbe ablecto test thecvalidity and reliability tocdeterminecwhether thecdata collection carried out on the questionnaire is valid and reliable so that it becomes a goodcresearchcinstrument. Validity is carried out to assess whether the measurementcinstrumentcused is appropriate or not and reliability is carriedcout to assesscthe extentcto which thecmeasurement can be trusted. The results of this questionnaire will later be useful as a guide in determining the standard specifications of the Vest Safety Lighting productcto be made.