Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Pengembangan Produk Meja Pengering Otomatis Untuk Kerupuk Jangek dengan Survei Pasar

Authors
  • Putri Aditya Balqis Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Edi Pranata Malau Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Ivan Adiansyah Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Sella Sembiring Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Carmelia Br Tarigan Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Issue       Vol 5 No 2 (2022): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v5i2.1619
Keywords: Kueisioner Survey Meja Pengering Otomatis Pasar Questionnaire Automatic Drying Table Market
Published 2022-12-13

Abstract

Keberadaan pasar sangat menunjang bagi kehidupan manusia, karena di pasar setiap orang dapat memperoleh barang yang dibutuhkan, dan di pasar pula orang dapat menjual barang dengan harga yang disepakati. Strategi pemasaran sebagai alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan. Banyak produk diluar sana yang dapat diinovasikan dengan seni dan kreatvitas yang tinggi lalu dipasarkan hingga mendunia. Inovasi produk merupakan hasil dari berbagai macam proses yang digabungkan dan saling mempengaruhi antara satu dengan yang lain. Dalam beberapa penelitian, disebutkan bahwa inovasi akan berimbas pada keunggulan bersaing suatu perusahaan. Perusahaan yang melakukan inovasi secara rutin akan mampu meningkatkan keunggulan bersaing dengan pesaing. Pada jurnal ini kami membuat sebuat inovasi produk meja, produk ini kami kembangkan menjadi meja otomatis tepat guna yang akan membantu UMKM kecil atau menengah. UMKM yang dimaksud disini adala UMKM Kerupuk Kulit Jangek, meja ini akan membantu pekerja dalam proses pengeringan kerupuk dengan bantuan sensor raindrop. Tujuan dari jurnal survey pasar adalah untuk melihat bagaimana hasil jawaban dari kuesioner yang telah disebar dipasaran kepada pasa responden, lalu diuji apakah hasil tersebut valid atau tidak.

The existence of a market that is very supportive for human life, because in the market everyone can get the goods they need, and in the market also people can sell goods at an agreed price. Marketing strategy is a fundamental tool that is planned to achieve company goals by developing competitive advantages. There are many products out there that can be innovated with high art and creativity and marketed to the world. Product innovation is the result of various processes that are combined and influence each other. In several studies, it is stated that innovation will have an impact on the competitive advantage of a company. Companies that innovate regularly will be able to increase their competitive advantage with competitors. In this journal we create an innovative table product, this product we developed into an appropriate automatic table that will help small or medium MSMEs. The UMKM referred to here is the Jangek Skin Cracker UMKM, this table will help workers in the cracker drying process with the help of a raindrop sensor. The purpose of the market survey journal is to see how the results of the answers from the questionnaires that have been distributed in the market to the respondent market, then tested whether the results are valid or not.