Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Pengembangan Survei Pasar terhadap Perancangan Mesin Pengiris dan Penepung Bawang

Authors
  • Ribka Patricia Siahaan Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Sudi Hottua Sitanggang Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Zaki Aulia Lubis Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • M. Alfaiz Setiawan Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Gilbert Vicarus Silitonga Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Issue       Vol 5 No 2 (2022): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v5i2.1615
Keywords: Survei Pasar Mesin Pengiris dan Penepung Bawang Kuesioner Survey Market Onion Slicing and Grinding Machine Questionnaire
Published 2022-12-13

Abstract

Survei merupakan suatu metode pengumpulan data dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada responden. Pertanyaan-pertanyaan pada sebuah survei disebarkan melalui kuesioner atau dapat ditanyakan langsung kepada responden atau narasumber melalui sebuah wawancara. Survei ditujukan untuk untuk mengidentifikasi keinginan pasar dan memperoleh data-data dari pasar. Pasar merupakan tempat terjadinya transaksi antara penjual dan pembeli. Pasar tidak merujuk pada lokasi tertentu karena pasar merujuk pada semua bentuk kegiatan penawaran dan permintaan. Survei pasar merupakan bagian penting dalam pengumpulan informasi, hal ini dikarenakan survei pasar mengukur preferensi pelanggan. Dengan melakukan survei pasar, data-data yang diperlukan dalam perancangan suatu produk dapat disesuaikan dengan keinginan pelanggan. Suvei pasar juga memberikan informasi terkait permintaan suatu produk. Kegiatan survei pasar ini ditujukan untuk mengetahui data spesifikasi produk yang diinginkan oleh konsumen terhadap Mesin Pengiris dan Penepung Bawang yang akan dikembangkan. Data-data yang dibutuhkan diperoleh dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada responden yang telah ditentukan menggunakan teknik sampling. Jumlah responden yang didapat merupakan sampel dari populasi yang ditentukan, adapun sampel diperoleh menggunakan rumus dari krecjie-morgan dengan perolehan jumlah sampel sebesar 30 orang. Dengan 30 responden yang diperoleh dilakukan penyebaran kuesioner untuk memperoleh data terhadap rancangan produk Mesin Pengiris dan Penepung Bawang. Produk yang dirancang berdasarkan data-data yang diperoleh tersbut memiliki utilitas dan performansi yang lebih baik disbanding beberapa pesaingnya.

Survey is a method of collecting data by giving questions to respondents. The questions in a survey are distributed through a questionnaire or can be asked directly to the respondent or resource person through an interview. The survey is intended to identify market desires and obtain data from the market. The market is a place where transactions occur between sellers and buyers. The market does not refer to a specific location because the market refers to all forms of supply and demand activity. Market surveys are an important part of gathering information, this is because market surveys measure customer preferences. By conducting a market survey, the data needed in designing a product can be adjusted to the customer's wishes. Market surveys also provide information regarding the demand for a product. This market survey activity is intended to find out product specification data desired by consumers for the Onion Slicing and Flour Machine that will be developed. The required data is obtained by distributing questionnaires to respondents who have been determined using a sampling technique. The number of respondents obtained is a sample of the specified population, while the sample is obtained using the formula from krecjie-morgan with the acquisition of a sample of 30 people. With 30 respondents obtained, questionnaires were distributed to obtain data on the product design of the Onion Slicing and Flour Machine. Products designed based on the data obtained have better utility and performance than some of its competitors.