Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Survei Pasar Terhadap Produk Automatic Roasting Coffee dengan Sistem Kontrol Otomatis

Authors
  • Farah Dhiba Husni Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Glenn Aldo Nathanael Sinaga Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Jerry Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Priya Darseni Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Issue       Vol 5 No 2 (2022): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v5i2.1612
Keywords: Survei Pasar Automatic Roasting Coffee Kuesioner Market Survey Questionnaire
Published 2022-12-13

Abstract

Pada Automatic Roasting Coffee akan dilakukan perancangan produk lanjutan dengan menerapkan metode survei pasar. Tujuan melakukan survei pasar ini adalah untuk mengetahui keinginan dari konsumen sehingga produk Automatic Roasting Coffee ini akan dirancang sesuai dengan harapan konsumen agar dapat diminati oleh masyarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam metode survei pasar menggunakan kuesioner. Adapun langkah yang dilakukan untuk mengetahui keinginan dan harapan dari konsumen adalah dengan melakukan penyebaran kuesioner secara langsung kepada konsumen. Secara garis besar, kuesioner terbagi menjadi dua, yaitu kuesioner terbuka dan kuesioner tertutup. Kuesioner terbuka memberikan kesempatan kepada para responden untuk menjawab pertanyaan di kuesioner dengan kebebasan penuh seperti menjawab dalam bentuk kalimatnya sendiri. Berbeda dengan kuesioner tertutup, yaitu para responden hanya bisa memilih jawaban alternatif yang sudah disediakan di dalam kuesioner tersebut. Dalam pemasaran produk ini, juga diperlukan strategi lainnya. Mulai dari penyesuaian harga kepada konsumen, melihat potensi pasar penjualan, melakukan promosi dan juga menerima masukan serta keluhan dari konsumen.

In automatic roasting coffee will be implemented advanced product design by implementing market survey methods. The purpose of doing this market survey is to find out the wishes of the consumers so that the product of this automatic roasting coffee product will be designed according to consumer expectations so that it can be of interest to the public. The data collection techniques used in market survey methods is questionnaires. The steps taken to determine the wishes and expectations of consumers is to distribute questionnaires directly to consumers. In general, the questionnaires are divided as two, which is an open questionnaire and a closed questionnaire. An open questionnaire gives the respondents an opportunity to answer questions in the questionnaire with complete freedom such as answering in their own sentences. In contrast to the closed questionnaire, the respondents can only choose only alternative answers that have been provided in the questionnaire. In marketing this product, other strategies are also needed. Starting with the price adjustment to the consumer, seeing the potential of the sales market, making a promotion and also receiving input and complaints from the consumer.