Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Pengembangan Alat Terapi untuk Penderita Kaki O dengan Metode Survei Pasar

Authors
  • Yuli Sari N Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan 2022, Indonesia
  • Johanes Prip Djabasa Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan 2022, Indonesia
  • Muhammad Adjie Rusmanto Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan 2022, Indonesia
  • Marisa Zahra Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan 2022, Indonesia
Issue       Vol 5 No 2 (2022): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v5i2.1602
Keywords: Alat Terapi Survei Pasar Kuesioner Uji Validitas Uji Reliabilitas Therapeutic Tool Market Survey Questionnaire Validity Tes Reability Test
Published 2022-12-13

Abstract

Riset pasar adalah teknik yang menentukan kemampuan barang untuk memuaskan konsumen dan melakukan perbandingan dengan produk merk lainnya. Riset pasar berfungsi untuk menentukan segmen market yang nantinya produk dijual. Pesatnya perkembangan dunia industri memaksa semua industri, baik kecil, menengah maupun yang besar, lebih unik dan inovatif dalam desain produk agar dapat bersaing dengan pesaingnya. Salah satu alat survei yang digunakan adalah kuesioner. Riset pasar dilakukan di Klinik Fisioterapi Medan, Sumatera Utara. Sebelum menyiapkan kuesioner, ukuran sampel harus ditentukan. Metode pengambilan sampel yang diterapkan yaitu metode pengambilan sampel yang sederhana. Dalam metode ini, setiap elemen populasi memiliki peluang yang sama rata agar dapat dipilih menjadi anggota sampel. Dengan populasi 36 data dan tingkat percaya 5% didapatkan sampel sebesar 33 orang, setelah itu dilakukan uji angket terhadap produk Alat Terapi Pasien Kaki O yaitu uji validitas dan reliabilitas. Hasil rangkuman kuesioner tersebut kemudian digunakan sebagai dasar pengembangan produk perangkat untuk penderita O-foot dan juga diapliaksikan agar dapat menentukan apakah desain product telah sesuai persyaratan yang pembeli inginkan atau belum memenuhi. Kesimpulan dari hasil survey pasar produk kami memiliki segmentasi di wilayah Medan dan produk kami memiliki 7 atribut spesifikasi dan 3 atribut non spesifikasi lainnya

Market research is a technique that determines the ability of goods to satisfy consumers and makes comparisons with other brand products. Market research serves to determine the market segment in which the product will be sold. The rapid development of the industrial world forces all industries, whether small, medium or large, to be more unique and innovative in product design in order to compete with their competitors. One of the survey tools used is a questionnaire. Market research was conducted at the Physiotherapy Clinic in Medan, North Sumatra. Before preparing the questionnaire, the sample size should be determined. The sampling method applied is a simple sampling method. In this method, each element of the population has an equal chance of being selected as a member of the sample. With a population of 36 data and a confidence level of 5%, a sample of 33 people was obtained, after that a questionnaire test was carried out on the product of Foot O Patient Therapy Device, namely validity and reliability tests. The results of the questionnaire summary are then used as the basis for developing device products for Ofoot sufferers and are also applied in order to determine whether the product design meets the requirements that the buyer wants or does not meet. The conclusion from the results of our product market survey has a segmentation in the Medan area and our products have 7 specification attributes and 3 other non-specific attributes