Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Pengembangan Produk Alat Terapi Punggung Skoliosis dengan Metode Survei Pasar

Authors
  • Caroline Utomo Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan 20222, Indonesia
  • Fanesa Adea Wardani Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan 20222, Indonesia
  • Mutiara Simanjuntak Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan 20222, Indonesia
  • Mhd.Irsan Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan 20222, Indonesia
  • Rifki Abdi Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan 20222, Indonesia
Issue       Vol 5 No 2 (2022): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v5i2.1591
Keywords: Survei Pasar Alat Terapi Punggung Skoliosis Kuesioner Market Survey Scoliosis Back Therapy Apparatus Questionnaire
Published 2022-12-13

Abstract

Survei pasar juga disebut dengan riset pasar, yakni memiliki manfaat yang dapat mengkoneksikan antara penjual produk dengan customer dari informasi. Hal tersebut berfungsi untuk mengidentifikasi dan mengidentifikasi peluang dan masalah pemasaran yang menciptakan, mempertajam, dan mengevaluasi kegiatan pemasaran. Atas dasar ini, untuk memahami pendapat dan kebutuhan konsumen tentang produk terapi punggung bagi penderita skoliosis, perlu dilakukan riset pasar, termasuk penyebaran kuesioner tertutup dan terbuka kepada responden.Metode yang digunakan seperti mengetahui data peluang pasar diantaranya segmentasi, targeting, positioning. Kuesioner dibagikan kepada mereka yang berusia 15-50 tahun yang berada di Kota Medan dan Stabat. Setelah itu diberikan pertanyaan yang sederhana tentang produk kepada responden. Informasi yang terkumpul kemudian digunakan sebagai bahan untuk pengambilan keputusan dan evaluasi terkait perbaikan dan penyempurnaan produk alat terapi punggung skoliosis. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling dan perhitungan jumlah sampel dilakukan dengan menggunakan rumus Krecjie-Morgan. Dalam segmentasi pasar yang dilakukan pada pengembangan produk alat terapi punggung skoliosis secara geografis berada di wilayah Kota Medan dan Stabat dengan jarak umur 15-50 tahun, dimana total responden yang ditanyakan dan diambil adalah sebesar 33 responden, dan menurut hasil dari pemeriksaan validitas dan reabilitas, maka dapat dibilang bahwa produk yang digunakan valid dan bisa dipercaya.

Market surveys are also known as market research, namely as a function that connects product marketers with customers and audiences through information. It is used to identify and define marketing opportunities and problems that generate, refine, and value marketing activities. Based on this, to find out consumer opinions and needs for back therapy products for scoliosis sufferers, it is necessary to conduct a market survey, namely by distributing open and closed questionnaires to respondents. The method used is to find out market opportunity data including segmentation, targeting, positioning. Questionnaires were distributed to those aged 15-50 years in Medan City and Stabat. After that, given simple questions about the product to respondents. The information collected then used as material for decision making and evaluation related to the improvement and refinement of scoliosis back therapy products. The sampling technique in this study used a nonprobability sampling technique and the calculation of the number of samples was carried out using the Krecjie-Morgan formula. In the market segmentation carried out on the development of scoliosis back therapy products, geographically in the areas of Medan City and Stabat with an age range of 15-50 years, where the number of respondents taken as many as 33 respondents, and based on the results of validity and reliability testing, it can be said the results obtained are valid and reliable.