Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Pengembangan Produk 3D Printer dengan Survei Pasar

Authors
  • Deardo Mario Johanes Sipayung Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Indah Masliana Saragih Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Audy Ashilah Maylavira Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Muhammad Fachri Nur Alamsyah Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Issue       Vol 5 No 2 (2022): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v5i2.1588
Keywords: 3D Printer Survei Pasar Kuesioner Peta Posisi Produk Market Survey Questionnaire Positioning
Published 2022-12-13

Abstract

3D Printer merupakan salah satu terobosan inovasi terbaru dalam dunia teknologi sesuai dengan era industri 4.0. 3D Printer adalah sebuah alat fabrikasi komputer desktop atau manufaktur aditif yang digunakan untuk proses prototyping dimana membuat benda nyata dari desain 3D. Survei pasar adalah proses identifikasi, pengumpulan, analisis, diseminasi, serta penggunaan informasi secara sistematik dan obyektif untuk membantu manajemen membuat keputusan yang berhubungan dengan identifikasi dan penyelesaian masalah (dan peluang) dalam bidang pemasaran. Survei pasar dilakukan terhadap produk 3D printer untuk mengetahui spesifikasi 3D printer yang sesuai dengan keinginan konsumen dan kemudian membandingkannya dengan spesifikasi dari perancang lain. Hal ini dilakukan agar produk 3D printer yang dirancang sesuai dengan keinginan daripada konsumen. Sebuah survei pasar harus mempunyai tujuan yang jelas sehingga fokus kepada hal-hal yang harus dicari dalam penelitian berjenis survei terdapat seorang peneliti yang menyebarkan kuesioner yang standar kepada sekelompok responden yang diambil secara sampel. Kemudian dibuat peta posisi produk, posisi suatu produk adalah bagaimana suatu produk didefenisikan oleh konsumen melalui sifat-sifat pentingnya serta tempat dibenak konsumen yang dimiliki oleh produk tersebut relatif terhadap produk pesaingnya. Diperoleh hasil yang valid untuk semua jenis atribut. Maka dapat dikatakan kuesioner merupakan instrumen yang valid dan dapat dipergunakan untuk menemukan masalah.

3D Printer is one of the latest innovation breakthroughs in the world of technology in accordance with the industrial era 4.0. 3D Printer is a desktop computer fabrication tool or additive manufacturing used for the prototyping process which creates real objects from 3D designs. Market survey is the process of identifying, collecting, analyzing, disseminating, and using information systematically and objectively to help management make decisions relating to the identification and resolution of problems (and opportunities) in the marketing field. A market survey was conducted on 3D printer products to find out the specifications of the 3D printer according to the wishes of consumers and then compare it with the specifications of other designers. This is done so that 3D printer products are designed according to the wishes of consumers. A market survey must have clear objectives so focus on the things to look for. in the type of survey research there is a researcher who distributes a standardized questionnaire to a group of respondents taken by sample. Then a positioning is made, the position of a product is how a product is defined by consumers through important characteristics and the place in the minds of consumers that the product has relative to its competitors' products. Obtained valid results for all attribute types. So it can be said that the questionnaire is a valid instrument and can be used to find problems.