Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Survei Pasar Perancangan dan Pengembangan Produk Smart Gas Leak Detector

Authors
  • Pretty Aswini Departemen Teknik Industri,Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan 20153, Indonesia
  • Ribka Sionarel Departemen Teknik Industri,Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan 20153, Indonesia
  • Sion Farel Departemen Teknik Industri,Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan 20153, Indonesia
  • Tanjiro Bastian Departemen Teknik Industri,Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan 20153, Indonesia
Issue       Vol 5 No 2 (2022): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v5i2.1587
Keywords: Survei Pasar Perancangan dan Pengembangan Produk Alat Pendeteksi Kebocoran Gas LPG Green Productivity Green Total Factor Productivity (GTFP) Malmquist Index (MI) Win4DEAP
Published 2022-12-13

Abstract

Survei pasar dilakukan untuk membuat strategi pemasaran terhadap produk yang akan dikembangkan dan dibuat agar dapat mengetahui segmentasi, targeting dan positioning dari konsumen. Dalam merancang suatu produk biasa terjadi kekurangan informasi sehingga tidak dapat mengetahui selera dari pasar dan membuat produk tersebut tidak memiliki nilai yang unggul dari produk lain. Dalam perancangan produk Smart Gas Leak Detector, survei pasar dilakukan dengan cara membagikan 2 jenis kuesioner yaitu, kuesioner terbuka dan tertutup kepada responden yang berjumlah 36 orang responden dari total populasi 40 orang. Kuesioner ini ditujukan untuk memberikan pertanyaan sederhana kepada para responden untuk menganalisis sikap, perilaku dan keinginan dari responden. Setelah didapatkan data dari kuesioner tersebut selanjutnya dilakukan Uji Validitas dengan menggunakan analisis korelasi dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment. Uji validitas yang dilakukan, yaitu Uji Validitas Kinerja Produk, Uji Validitas Harapan Produk, serta Uji Validitas Produk dan dapat disimpulkan bahwa kuesioner merupakan instrumen yang valid. Ujiireliabilitaslpadatkuesioneritertutup dilakukan dengan metodeiAlphaiCronbach dan dapat disimpulkan bahwa data reliable.

A market survey is conducted to create a marketing strategy for the products to be developed and manufactured in order to know the segmentation, targeting and positioning of consumers. In designing a product, there is usually a lack of information so that it cannot know the tastes of the market and makes the product not have superior value than other products. In designing the Smart Gas Leak Detector product, a market survey was conducted by distributing 2 types of questionnaires, namely, open and closed questionnaires to 36 respondents from a total population of 40 people. This questionnaire is intended to provide simple questions to the respondents to analyze the attitudes, behaviors and desires of the respondents. After obtaining the data from the questionnaire, then the Validity Test was carried out using correlation analysis using the Product Moment correlation formula. Validity tests were carried out, namely Product Performance Validity Test, Product Expectation Validity Test, and Product Validity Test and it can be concluded that the questionnaire is a valid instrument. The reliability test on the closed questionnaire was carried out using the Alpha Cronbach method and it can be concluded that the data is reliable.