Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Perancangan dan Kegiatan Brainstorming untuk menghasilkan hasil rancangan prototype pembuatan Soybean Pulp Filter Machine

Authors
  • Desmulita Br Purba Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan 20222, Indonesia
  • Lindsay Br Purba Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan 20222, Indonesia
  • Tom Parulian Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan 20222, Indonesia
  • Yazid Irfan Lubis Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan 20222, Indonesia
Issue       Vol 5 No 2 (2022): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v5i2.1586
Keywords: Mesin filter bubur kedelai curah pendapat peta pikiran Filter machine soybean pulp brainstorming mind map
Published 2022-12-13

Abstract

Mesin merupakan alat yang digunakan untuk membantu kegiatan manusia yang dari manual hingga otomatis. Mesin terus berkembang mengikuti alur dari perkembangan industri. Dalam menentukan desain dari mesin memerlukan kesesuian dengan fungsi mesin sehigga perlu banyak ide dan gagasan dalam merancang dari suatu mesin. Dalam UMKM tahu penyaringan sari pati tahu masih banyak menggunakan cara konvesional yang membutuhkan tenaga. Karena seringnya ada keluhan dari pekerja karena bahu yang kelelehan, sehingga perlunya untuk menciptakan inovasi untuk menyaring ampas kedelai sesuai dengan kebutuhan dari para pekerja. Inovasi terseut merupakan menciptakan mesin untuk menyaring ampas kedelai yang dirancang sesuai dengan kaidah ergonomi untuk menyeseuaikan dengan kebutuhan perkerja. Cara yang efektif dalam merancang mesin ialah mengumpulkan ide-ide dan gagasan untuk membuat mesin. Salah satu metode yang banyak digunakan dalam mengumpulkan ide-ide ialah brainstorming. Dalam brainstorming terdapat beberapa tahapan sebelum mencapai hasil akhir atau kesimpulan yaitu mentukan kelompok, menetukan ketua, pemahaman aturan-aturan brainstorming yang dijelaskan oleh ketua kelompok. Dalam kegiatan brainstorming anggota akan menuliskan ide-ide dalam kartu, lalu setiap anggota akan bertukar kartu, lalu menuliskan gagasan untuk ide yang ada pada kartu anggota kelompok yang lain, kemudian kartu akan dikumpulkan oleh ketua kemudian akan dilakukan diskusi untuk meluangkan pikiran dan menjelaskan ide-ide yang mungkin tidak di mengerti oleh orang lain, kemudia akan di evaluasi untuk menemukan ide-ide yang akan digunakan, di dalam brainstorming juga terdapat ide-ide yang akan terbuang, ide-ide yang terpilih akan menjadi hasil dari kegiatan brainstorming yang akan di gunakan untuk merancang produk.

Machines are tools used to assist human activities ranging from manual to automatic. Machines continue to develop following the flow of industrial developments. In determining the design of the machine, it requires conformity to the function of the machine, so it takes a lot of ideas and ideas in designing a machine. In SMEs, tofu extract filtering still uses conventional methods that require energy. Because there are often complaints from workers because of fatigued shoulders, it is necessary to create innovations to filter soybean dregs according to the needs of the workers. The innovation is to create a machine to filter soybean dregs which is designed according to ergonomics rules to suit the needs of workers. An effective way of designing machines is to gather ideas and ideas to build machines. One method that is widely used in gathering ideas is brainstorming. In brainstorming there are several stages before reaching the final result or conclusion, namely determining the group, determining the leader, understanding the rules of brainstorming explained by the group leader. In the brainstorming activity, members will write down ideas on cards, then each member will exchange cards, then write down the ideas for the ideas on the cards of other group members, then the cards will be collected by the chairperson then a discussion will be held to spend their minds and explain ideas. ideas that may not be understood by others, will then be evaluated to find ideas that will be used, in brainstorming there are also ideas that will be wasted, the selected ideas will be the result of brainstorming activities that will be used to design products.