Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Pengaruh Kelelahan Mental Terhadap Performansi Air Traffic Controllers

Authors
  • Tahmida Fatmala Zulva Departemen Teknik Mesin dan Industri, Universitas Gadjah Mada, Bulaksumur, Yogyakarta 55281, Indonesia
  • Fitri Trapsilawati Departemen Teknik Mesin dan Industri, Universitas Gadjah Mada, Bulaksumur, Yogyakarta 55281, Indonesia
  • Ardiyanto Ardiyanto Departemen Teknik Mesin dan Industri, Universitas Gadjah Mada, Bulaksumur, Yogyakarta 55281, Indonesia
Issue       Vol 5 No 2 (2022): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v5i2.1581
Keywords: Air traffic controllers kelelahan mental performansi mental fatigue performance
Published 2022-12-13

Abstract

Air traffic controller (ATCo) merupakan suatu profesi pengendalian lalu lintas udara yang bertugas untuk melakukan berbagai pekerjaan dalam waktu yang bersamaan atau multitasking. Hal tesebut dapat memicu ATCo bekerja melebihi kapasitasnya dan menyebabkan ATCo mengalami peningkatan beban kerja mental. Apabila beban kerja mental ATCo meningkat, dapat memicu ATCo mengalami kelelahan mental yang menyebabkan ATCo melakukan kesalahan-kesalahan atau human errors. Banyaknya error yang dilakukan oleh ATCo tersebut dapat menurunkan performansi hingga membahayakan keselamatan dalam penerbangan. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui pengaruh kelelahan mental terhadap tingkat performansi ATCo. Berdasarkan hasil uji statistik yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa tingkat performansi ATCo yang ditunjukkan dengan persentase banyaknya jumlah pesawat yang berhasil dikendalikan dan banyaknya jumlah error yang dilakukan tidak memiliki perbedaaan yang signifikan saat ATCo dalam kondisi tidak dipengaruhi oleh kelelahan mental dan saat berada dalam pengaruh kelelahan mental.

Air traffic controller (ATCo) is an air traffic control profession whose job is to do jobs at the one time or multitask. It can induce the ATCo to work beyond its capacity and cause the ATCo to experience an increase in mental workload. If the mental workload of ATCo increases, it can induce ATCo to experience mental fatigue that causes ATCo to make mistakes or human errors. The number of errors can reduce performance to endanger safety in flight. This study aimed to determine the effect of mental fatigue on the performance level of ATCo. Based on the results of statistical tests, the level of ATCo performance as indicated by the percentage of the number of aircraft successfully controlled and the number of errors hasn’t a significant difference when the ATCo was not affected by mental fatigue and when it was under the influence of mental fatigue.