Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Pengembangan Produk: Survei Pasar terhadap Produk Smart Infuse

Authors
  • Dewi Nainggolan Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan 20153, Indonesia
  • Van Hubert Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan 20153, Indonesia
  • Andrew Nainggolan Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan 20153, Indonesia
  • Clarisa Sihombing Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan 20153, Indonesia
  • M. Rizky Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan 20153, Indonesia
Issue       Vol 5 No 2 (2022): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v5i2.1575
Keywords: Krejcie dan Morgan Survei Pasar Kuisioner Smart Infuse Krejcie and Morgan Market Survey Questionnaire Smart Infusion
Published 2022-12-13

Abstract

Salah satu bagian dari penelitian pasar yang sangat penting untuk dilakukan perusahaan sebelum melakukan pemasaran produk baru adalah survei pasar. Survei pasar dilakukan untuk mengetahui keinginan konsumen terhadap produk yang akan dijual. Tujuan melakukan survei pasar produk Smart Infuse adalah untuk mengetahui hal apa saja yang menjadi prioritas konsumen dan seberapa besar target pasar produk Smart Infuse yang telah dirancang. Pengumpulan data pada metode survei pasar dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada konsumen secara bertahap. Adapun kuesioner yang dibagikan secara bertahap kepada konsumen berupa kuesioner terbuka dan tertutup. Dilakukan pengujian data dari hasil kuesioner dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, untuk mengetahui skor serta konsistensi dari data yang didapat. Penentuan jumlah sampel dilakukan dengan menggunakan konsep Krejcie dan Morgan. Strategi pemasaran yang digunakan yaitu strategi STP (Segmentasi, Targetting, dan Positioning). Adapun target pasar yang dipilih yaitu kota Medan. Sedangkan usia yang dipakai adalah rentang usia 22-65 tahun dan berasal dari kelas sosial atas dan menengah. Produk kelompok VC berada pada kuadran B dengan koordinat (86,1110), produk pesaing I berada pada kuadran C dengan koordinat (74,1025), dan produk pesaing II berada pada kuadran B juga dengan koordinat (76,1102) serta produk pesaing III berada pada kuadran C dengan koordinat (64,1017).

One part of market research that is very important for companies to do before marketing a new product is a market survey. Market surveys are conducted to determine consumer desires for the products to be sold. The purpose of conducting a market survey for Smart Infuse products is to find out what are the priorities of consumers and how big is the target market for Smart Infuse products. Data collection on the market survey method is carried out by distributing questionnaires to consumers in stages. The questionnaires were distributed gradually to consumers in the form of open and closed questionnaires. The data from the questionnaire results were tested using validity and reliability tests, to determine the score and consistency of the data obtained. Determination of the number of samples is done using the concept of Krejcie and Morgan. The marketing strategy used is the STP (Segmentation, Targeting, and Positioning) strategy. The target market chosen is the city of Medan. While the age used is the age range of 22-65 years and comes from the upper and middle social classes. The products of the VC group are in quadrant B with coordinates (86,1110), competitor products I are in quadrant C with coordinates (74,1025), and competitor products II are in quadrant B also with coordinates (76,1102) and competitor products III is in quadrant C with coordinates (64,1017)