Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Perencanaan dan Pengembangan Produk Meatball Maker dengan Metode Survei Pasar

Authors
  • Andreas Pandapotan Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik,Universitas Sumatera Utara, Medan 20153, Indonesia
  • Ela Marvana Damanik Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik,Universitas Sumatera Utara, Medan 20153, Indonesia
  • Yohana April Cilia Simanjuntak Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik,Universitas Sumatera Utara, Medan 20153, Indonesia
  • M. Tito Apriandi Nasution Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik,Universitas Sumatera Utara, Medan 20153, Indonesia
Issue       Vol 5 No 2 (2022): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v5i2.1574
Keywords: Kuesioner Meatball Maker Sampling Survei Pasar Questionnaire Market Survey
Published 2022-12-13

Abstract

Survei pasar adalah proses identifikasi, pengumpulan dan penggunaan informasi secara sistematis untuk membantu manajemen membuat keputusan yang berhubungan dengan identifikasi dalam bidang pemasaran. Survei pasar dilakukan untuk mengetahui kehendak konsumen terhadap pemasaran produk. Survei terhadap pasar dapat mempermudah suatu perusahaan dalam mengetahui strategi paling efektif yang akan digunakan dalam memasarkan produknya. Oleh karena itu, untuk mengetahui keinginan konsumen terhadap produk Meatball Maker maka perlu dilakukan survei pasar. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survei pasar yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Kuesioner merupakan teknik pengumpulan data yang menyangkut keyakinan beberapa orang dalam sebuah organisasi. Kuisioner yang disebarkan kepada konsumen yaitu kuesioner terbuka dan tertutup. Data hasil penyebaran kuesioner selanjutnya akan diuji menggunakan uji validitas dan realibilitas, untuk mengetahui validitas serta reliabilitas data. Metode sampling yang digunakan dalam menentukan jumlah sampel untuk produk Meatball Maker adalah metode probabilistic sampling dengan teknik simple random sampling. Penentuan ukuran sampel dilakukan dengan konsep Krejcie dan Morgan dan dari hasil penentuan ukuran sample yang diterima sejumlah 36 orang. Pendekatan pemasaran yang digunakan adalah pendekatan STP (Segmentation, Targeting, dan Positioning) dan menggunakan map product positioning untuk mengetahui letak atau kondisi produk yang konsumen lihat. Berdasarkan analisis peta posisi produk, produk Meatball Maker berada pada kuadran B dengan koordinat (115,1505).

Market survey is the process of systematically identifying, gathering and using information to assist management in making identificationrelated decisions in the field of marketing. Market surveys were conducted to determine consumer will towards product marketing. A survey of the market can make it easier for a company to find out the most effective strategy to be used in marketing its products. Therefore, to find out the consumer's desire for the Meatball Maker product, it is necessary to conduct a market survey. The data collection technique used a market survey method which was carried out by distributing questionnaires to respondents. Questionnaire is a data collection technique that concerns the beliefs of several people in an organization. Questionnaires distributed to consumers are open and closed questionnaires. The data from the questionnaire distribution will then be tested using validity and reliability tests, to determine the validity and reliability of the data. The sampling method used in determining the number of samples for the Meatball Maker product is a probabilistic sampling method with a simple random sampling technique. The determination of the sample size was carried out using the Krejcie and Morgan concept and from the results of the determination of the sample size, 36 people were accepted. The marketing approach used is the STP (Segmentation, Targeting, and Positioning) approach and uses a product positioning map to find out the location or condition of the product that consumers see. Based on the analysis of the product position map, the Meatball Maker product is in quadrant B with coordinates (115,1505).