Pengembangan Survei Pasar dari Perancangan Produk Heating Pad for Neck and Back Sebagai Pereda Nyeri
Authors | ||
Issue | Vol 5 No 2 (2022): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE) | |
Section | Articles | |
Section |
Copyright (c) 2022 Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE) This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License. |
|
Galley | ||
DOI: | https://doi.org/10.32734/ee.v5i2.1543 | |
Keywords: | Survei Pasar Heating Pad Market Survey | |
Published | 2022-12-13 |
Abstract
Perancangan produk Heating Pad for Neck and Back ini adalah untuk mengatasi keluhan nyeri punggung dan nyeri leher yang dialami akibat postur tubuh yang tidak tepat maupun melakukan pekerjaan statis dalam waktu lama. Survei pasar perlu dilakukan untuk mengetahui kebutuhan konsumen terhadap produk yang dirancang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan dan selera konsumen terhadap rancangan produk. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai satu variable dalam mendeskripsikan suatu peristiwa menggunakan pendekatan kuantitatif dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut, serta penampilan dari hasilnya. Data yang diperoleh bersumber dari studi lapangan dengan penyebaran kuesioner. Kuesioner terbuka dan tertutup dibuat dan kemudian disebarkan kepada 30 orang responden yaitu tim medis (dokter dan perawat) serta orang awam yang memiliki keluhan nyeri punggung dan nyeri leher di Rumah Sakit Bhayangkara Medan. Dari kuesioner terbuka diperoleh modus dari setiap atribut yang hasilnya diperoleh bahan kain drifit, warna produk abu-abu, model bentuk produk seperti singlet, memiliki corak garis tegak, jenis alat perekatnya menggunakan perekat kain, berat produk 500 gr, panjang dan lebar produk 80cm dan 50cm, jumlah alat pemanas dileher dan punggung berjumlah 5 dan 10 serta bentuk alat pemanasnya lingkaran. Kemudian hasil pada kuesioner tutup dengan uji validity & uji reability secara manual dan didapatkan bahwasannya semua data yang diperoleh dari kuesioner tertutup adalah valid dan reliabel
The product design of Heating Pads for the Neck and Back is to address troublesome complaints of back pain and neck pain due to improper posture or doing static work for a long time. Market surveys are conducted to see consumer needs for the product being designed. The purpose of this study was to determine the needs and desires of consumers for product design. The method used in this research is descriptive with a quantitative approach, namely research conducted to measure the value of one variable in describing an event using a quantitative approach to the data, the interpretation of the data, and the appearance of the results. The data obtained were sourced from field studies by distributing questionnaires. Open and closed questionnaires were created and then distributed to 30 respondents, namely the medical team (doctors and nurses) and lay people who had complaints of back pain and neck pain at the Bhayangkara Hospital, Medan. From the open questionnaire, the mode of each attribute obtained was the drifit fabric material, the product color was gray, the product shape model such as an undershirt, had a vertical line pattern, the type of adhesive used cloth adhesive, the product weight was 500 gr, the length and width of the product was 80cm and 50cm, the number of heating devices in the neck and back is 5 and 10 and the shape of the heater is circular. Then the results of the closed questionnaire were tested for validity and reliability test manually and it was found that all data obtained from the closed questionnaire were valid and reliable.