Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Perbandingan Parameter Proses Grade 13-8-27-4+0,5 B Dan Grade 13-6- 27-4+0,65 B PT. XYZ

Authors
  • Aulia Ishak Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Putri Marsela Inayah Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Issue       Vol 5 No 2 (2022): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v5i2.1538
Keywords: Produksi Pupuk NPK Parameter Proses Diagram Sebab-Akibat Production NPK Fertilizer Process Parameters Cause and Effect Diagram
Published 2022-12-13

Abstract

Produksi ialah aktivitas yang mengubah input menjadi output, semua kegiatan yang memproduksi barang atau jasa, dan kegiatan lain yang membantu perusahaan dalam memproduksi produk tersebut berupa barang atau jasa. Produk pupuk NPK PT. XYZ diproduksi dengan grade yang berbeda sesuai permintaan konsumen. Pupuk diproduksikan dengan menggunakan standar parameter proses yang telah ditetapkan. Parameter proses merupakan suatu variabel yang menjadi aturan atau acuan pengoperasian suatu mesin dalam produksi. Jika parameter proses yang digunakan dalam memproduksi pupuk tidak sesuai dengan standar maka dampak yang dapat terjadi adalah output yang dihasilkan berupa produk gagal (recycle), menimbulkan kerusakan pada mesin produksi, dan menghambat aliran produksi sehingga menyebabkan profit perusahaan tidak maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh grade pupuk yang menggunakan takaran parameter proses paling tidak sesuai dengan standar perusahaan. Kemudian akan dilakukan identifikasi permasalahan pada grade tersebut. Berdasarkan hasil perhitungan takaran data parameter proses, maka diperoleh grade dengan takaran parameter proses yang paling tidak sesuai dengan standar perusahaan yaitu grade 13-6-27-4+0,65B. Kemudian akan dilakukan identifikasi permasalahan pada grade tersebut menggunakan diagram sebab - akibat (cause and effect diagram).

rs used in producing fertilizers are not in accordance with the standards, the impact that can occur is the output produced in the form of a failed product (recycle), causing damage to the production machine, and hindering the production flow so that the company's profit is not maximized. The purpose of this study was to obtain a grade of fertilizer that uses a dose of process parameters that is at least in accordance with company standards. Then the identification of problems at that grade will be carried out. Based on the results of the calculation of the dose of process parameter data, the grade with the dose of process parameters that is at least in accordance with company standards is obtained, namely grade 13-6-27-4+0.65B. Then identification of problems at that grade will be carried out using a cause and effect diagram.