Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Kajian Teori Perancangan Bangunan Hotel Resort di Kawasan Danau Toba dengan Pendekatan Green Architecture (Arsitektur Hijau)

Authors
  • Tia Raudhatul Jannah Departemen Arsitektur, Fakulas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Jl. Dr. T. Mansur No.9, Padang Bulan, Medan, Sumatera Utara, Indonesia
Issue       Vol 5 No 1 (2022): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v5i1.1484
Published 2022-08-15

Abstract

Danau Toba merupakan danau tektovulkanik terbesar di Indonesia yang terletak di provinsi Sumatera Utara. Danau ini terkenal dengan keindahan alamnya yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke tempat ini sekaligus menjadi penyumbang ekonomi terbesar di Sumatera Utara dari sektor pariwisata. Pemandangan yang begitu indah dapat dinikmati dari berbagai sudut Danau Toba, keasrian alam dan kebudayaan yang masih sangat terjaga membuat banyak wisataawan tertarik untuk mengunjungi tempat ini baik wisatawan domestik maupuun asing. Namun, tingginya minat wisatawan yang mengunjungi tempat ini tak sebanding dengan kemampuan penyediaan kebutuhan fasilitas dan akomodasi yang memadai. Hotel Resort menjadi salah satu jawaban dari terpenuhinya salah satu kebutuhan tersebut. Mengingat lokasi Danau Toba yang terkenal dengan keasrian alamnya, maka pendekatan desain pada Hotel Resort di daerah ini menggunakan pendekatan Green Architekture (Arsitektur Hijau) yang menyediakan fasilitas yang nyaman dan memberikan nuasa kembali ke alam, dimana pendekatan ini diharapkan dapat tetap menyatu dengan alam sekitar tanpa menghilangkan kesan asri didalamnya serta dapat mengoptimalkan pemanfaatan lahan dan sumberdaya yang ada guna menjaga dan tetap melestarikan lingkungan sekitarnya.