Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Gambaran Partisipasi Masyarakat pada Pariwisata Berkelanjutan di Simanindo, Samosir

Authors
  • Tantri Rospita Rointan Lumbantobing Ikatan Arsitek Indonesia, Medan
  • Nurlisa Ginting Marpaung Departemen Arsitektur, Fakulas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Jl. Dr. T. Mansur No.9, Padang Bulan, Medan, Sumatera Utara, Indonesia
Issue       Vol 5 No 1 (2022): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v5i1.1477
Keywords: Arsitektur Arsitektur Ekologi Nias Teruloto Architecture Ecological Architecture
Published 2022-08-15

Abstract

Nias pulau dengan sejuta pesona laut yang sangat menawan. Karna keindahan pesona laut ini membuat daya tarik wisatawan dari seluruh penjuru bahkan mancanegara. Salah satu keindahan pulau nias ini terletak di pantai Tureloto. Seluruh keindahan yang dimiliki pantai ini jika tidak dimanfaatkan akan menjadi hal yang sia-sia. Hotel dan Resort menjadi ilihan terbaik bagaimana membuat area kawasan pantai ini dapat dinikmati dalam kurun waktu lama (tidak singkat/bisa bermalam), menjadi kawasan yang akan menarik wisatawan, dan dapat bernilai ekonomis. Selain itu, penulis juga bermaksud untuk menerapkan arsitektur ekologi dalam perancangan Hotel dan Resort ini untuk tetap menjaga keasrian kawasan pantai. Dalam proses penelitian ini peneliti sudah cukup mengenal kawasan ini dengan baik, sehingga memudahkan proses penelitian. Peneliti juga mengambil beberapa sumber data tambahan dari studi literatur dan studi banding. Untuk itu dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat dibangunnya Hotel dan Resort pada kawasan pantai Tureloto sebagai upaya menarik wisatawan, berdampak ekonomis dan bangunan yang ramah lingkungan serta tetap menjaga keasrian dengan penggunaan pendekatan perancangan Arsitektur Ekologi.

Nias is an island with a million charming sea charms. Because the beauty of the charm of this sea makes it attractive for tourists from all over and even abroad. One of the beauties of this Nias island is located on the Tureloto beach. All the beauty that this beach has if not used will be in vain. Hotels and resorts are the best choice how to make this coastal area can be enjoyed for a long time (not short / overnight), become an area that will attract tourists, and can be of economic value. In addition, the author also intends to apply ecological architecture in the design of this hotel and resort to maintain the beauty of the coastal area. In this research process, the researcher is familiar with this area well, thus facilitating the research process. Researchers also took several additional data sources from literature studies and comparative studies. For this reason, with this research, it is hoped that the construction of hotels and resorts in the Tureloto beach area as an effort to attract tourists, have an economic impact and an environmentally friendly building while maintaining beauty by using the ecological architecture design approach.