Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Sekolah Alam Dengan Pendekatan Arsitertur Ekologi

Authors
  • Sri Handayani Sirait Departemen Arsitektur, Fakulas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Jl. Dr. T. Mansur No.9, Padang Bulan, Medan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Imam Faisal Pane Departemen Arsitektur, Fakulas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Jl. Dr. T. Mansur No.9, Padang Bulan, Medan, Sumatera Utara, Indonesia
Issue       Vol 5 No 1 (2022): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v5i1.1464
Keywords: pendidikan sekolah alam education nature school
Published 2022-08-15

Abstract

Kemajuan suatu negara dapat dilihat dari sistem pendidikan yang ada di negara tersebut. Sistem pendidikan yang baik akan menghasilkan sumber daya manusia yang baik sehingga dapat memajukan suatu negara. Sekolah adalah bangunan atau lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat menerima dan memberi pelajaran menurut tingktannya .Selain itu, Sekolah merupakan lingkungan kedua tempat anak- anak berlatih dan menumbuhkan kepribadiannya. Alam merupakan tempat dimana manusia melakukan aktivitas dan bertahan hidup. Dengan menggabungkan makna dari kedua kata tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa sekolah alam merupakan sekolah yang dibangun untuk upaya pengembangan pendidikan yang dilakukan di alam dengan pembelajaran dari semua mahkluk hidup di alam secara langsung. Pembelajaran di sekolah alam dilakukan dengan metode action learning, yaitu dengan belajar secara langsung melalui tindakan sehingga siswa dapat merasakannya secara langsung dan mudah memahami pembelajaran yang diberikan. Dengan pembelajaran demikian, siswa didorong untuk berpikir kreatif dan kritis dalam proses belajar. Selain itu, siswa dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Sehingga siswa dapat menjaga dan melestarikan lingkungan dari kerusakan alam.

The progress of a country can be seen from the existing education system in that country. A good education system will produce good human resources so that it can advance a country. Schools are buildings or institutions for learning and teaching as well as places to receive and give lessons according to their level. In addition, schools are the second environment where children practice and develop their personalities. Nature is a place where humans perform activities and survive. By combining the meanings of the two words, it can be concluded that a nature school is a school built for educational development efforts carried out in nature by directly learning from all living things in nature. Learning in nature schools is carried out using the action learning method, namely by learning directly through action so that students can experience it directly and easily understand the learning given. With such learning, students are encouraged to think creatively and critically in the learning process. In addition, students can easily adapt to their surroundings. So that students can protect and preserve the environment from natural damage.