Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Persepsi Wisatawan Terhadap Kualitas Makanan dan Minuman Sebagai Daya Tarik Pariwisata di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon

Authors
  • Fuji Nanda Lubis Arsitektur dan Perencanaan, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala
Issue       Vol 5 No 1 (2022): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v5i1.1442
Keywords: persepsi wisatawan kualitas makanan dan minuman daya tarik pariwisata perception of tourists quality of food and drink tourism attraction
Published 2022-08-15

Abstract

Dalam kegiatan Pariwisata, makanan dan minuman yang dikonsumsi perlu diperhatikan kualitasnya termasuk bagi wisatawan yang berkunjung. Kualitas makanan dan minuman yang baik akan mewujudkan citra destinasi pariwisata yang baik juga di mata wisatawan, begitu juga sebaliknya jika kualitas makanan dan minuman buruk maka citra destinasi akan buruk. Maka dari itu citra destinasi akan menimbulkan persepsi wisatawan yang berpengaruh penting terhadap daya tarik serta keberhasilan pariwisata. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi persepsi wisatawan terhadap kualitas makanan dan minuman di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kecamatan Simalungun. Teknik pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Untuk menentukan sampel menggunakan purposive sampling dengan memberikan kuesioner kepada 100 responden. Variabel pada penelitian ini yaitu kualitas makanan dan minuman dengan tiga indikator antara lain, kepuasan wisatawan terhadap air Danau Toba, kepuasan wisatawan terhadap air yang tersedia, serta makanan dan minuman yang dibeli wisatawan bersih. Data yang didapatkan dari kuesioner akan dianalisis secara deskriptif kuantitatif melalui Skala Likert. Hasil dari penelitian ini menunjukkan persepsi wisatawan terhadap kualitas makanan dan minuman di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon cukup puas sebagai daya tarik pariwisata dengan rata-rata penilaian 3,5 atau dalam persentase yaitu (71%).

In tourism activities, the quality of food and drinks consumed needs to be considered, including for visiting tourists. Good quality food and drinks will create a good image of a tourism destination in the eyes of tourists, and vice versa if the quality of food and drinks is bad, the image of the destination will be bad. Therefore, the image of the destination will give rise to tourist perceptions which have an important effect on the attractiveness and success of tourism. The purpose of this study was to identify tourists' perceptions of the quality of food and beverages in Girsang Sipangan Bolon District, Simalungun District. The collection technique used in this study was a questionnaire. To determine the sample using purposive sampling by giving a questionnaire to 100 respondents. The variables in this study are the quality of food and beverages with three indicators, among others, tourist satisfaction with Lake Toba water, tourist satisfaction with available water, and food and drink purchased by clean tourists. The data obtained from the questionnaire will be analyzed descriptively quantitatively through a Likert scale. The results of this study indicate that tourists' perceptions of the quality of food and beverages in Girsang Sipangan Bolon District are quite satisfied as a tourism attraction with an average rating of 3.5 or as a percentage, namely (71%).