Penerapan Metode Survey Pasar Pada Pembuatan Alat Backpack With Massager and Heater
Authors | ||
Issue | Vol 4 No 1 (2021): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE) | |
Section | Articles | |
Section |
Copyright (c) 2021 Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE) This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License. |
|
Galley | ||
DOI: | https://doi.org/10.32734/ee.v4i1.1284 | |
Keywords: | Backpack with Massager and Heater Survei Pasar Pemasaran Kuisioner | |
Published | 2021-10-29 |
Abstract
Keberhasilan suatu produk yang dirancang dapat diukur berdasarkan kapabilitas produk bersaingan dengan produk kompetitornya. Pemasaran merupakan cara memenuhi keinginan atau kebutuhan konsumen untuk mendapatkan keuntungan pada dua belah pihak. Strategi dalam melakukan pemasaran ialah beberapa tujuan dan target, keputusan berupa arahan kepada tiap usaha marketing dari setiap masa, tingkatan, dan alokasi, khusunya sebagai respon badan usaha dalam menjalankan situasi dan kondisi kegiatan saing yang tidak stabil. Survei pasar yang dilakukan dalam pengembangan produk Backpack with Heater and Massager yaitu dengan cara menyebarkan kuesioner terbuka dan kuesioner tertutup kepada pasien penderita penyakit pada tulang belakang terutama pada kasus low back pain. Data hasil penyebaran kuesioner tersebut diolah sehingga mendapatkan rancangan produk yang diinginkan oleh target pasar. Inovasi pengembangan produk Backpack with Heater and Massager yaitu dengan menambahkan pemanas dan pemijat berupa bola penggetar yang bermanfaat untuk meredakan nyeri pada tubuh bagian belakang khusunya bagian low back pain. Strategi pemasaran yang digunakan dalam survey pasar untuk produk Backpack with Heater and Massager ini yaitu dengan metode STP (Segmentasi, Targeting, dan Positioning). Sasaran pasar hasil identifikasi yaitu Kota Medan dengan pasien usia dewasa (18-55) dengan aspek psikografis tingkat menengah. Teknik sampling yang diterapkan ialah probability sampling dengan jenis simple random sampling yang setiap unit sampling mempunyai peluang yang sama untuk terpilih sebagai sampel yang mewakili populasinya. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dan menggunakan 30 responden.