Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Perancangan Produk Rompi Pemanas Akupuntur (Heating Acupuncture Vest) dengan Metode Survei Pasar

Authors
  • Charin Natasha Tarigan Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Agitha Rechya Ginting Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Evan Sebastian Ginting Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Widya Tri Ardiani Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Farid Azmi Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Issue       Vol 4 No 1 (2021): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v4i1.1272
Keywords: Survei Pasar Rompi Pemanas Akupuntur Kuesioner
Published 2021-10-29

Abstract

Berkembangnya bisnis saat ini membuat proses pengambilan keputusan, perilaku, alternatif dan kepuasan konsumen menjadi fokus perhatian para produsen untuk tetap terkenal dan unggul dalam persaingan. Untuk dapat menarik perhatian konsumen serta unggul dalam bisnis, produsen perlu merencanakan strategi-strategi pemasaran. Survei pasar merupakan metode yang relatif efektif dan efisien digunakan untuk menjangkau cakupan pasar, dimana survei pasar digunakan untuk proses identifikasi, pengumpulan data, analisis, diseminasi, dan penggunaan informasi secara sistematik dan obyektif untuk membantu dalam membuat keputusan serta untuk mengetahui produk seperti apa yang diinginkan dan yang dibutuhkan oleh konsumen. Sehingga dalam penelitian ini untuk pengembangan produk menggunakan penyebaran kuesioner yang kepada 30 responden dengan metode probability sampling dimana metode penentuan setiap elemen dari populasi diberi peluang yang sama untuk ditarik menjadi anggota sampel. Sehingga hasil yang didapatkan dari survei pasar yaitu produk Rompi Pemanas Akupuntur (Heating Acupuncture Vest) dimana atribut-atribut yang dirancang sesuai dengan keinginan konsumen dan memiliki uji valid. Rompi Pemanas Akupuntur merupakan produk yang membantu untuk mengurangi rasa nyeri. Rompi tersebut juga dilengkapi dengan pemanas yang berguna untuk memberikan efek relaksasi dan alat akupuntur digital yang memudahkan pengguna dalam menggunakan produk tersebut.

Nowadays, business development has made the decision-making processes, behavior, alternatives and consumer satisfaction the focus of attention of producers to stay famous and excel in the competition. To be able to attract consumer attention and excel in business, producers need to plan marketing strategies. Market surveys are a relatively effective and efficient method used to reach market coverage, where market surveys are used for the process of identification, data collection, analysis, dissemination, and systematic and objective use of information to assist in making decisions and to find out what kind of product is desired and what consumers need. The same opportunity to be drawn into the sample using questionnaires to 30 respondents with a probability sampling method where the method of determining each element of the population is given so that in this study for product development. So that the results obtained from the market survey are Heating Acupuncture Vest products where the attributes are designed according to consumer desires and have a valid test. Heating Acupuncture Vest is a product that helps to reduce pain. The vest is also equipped with a heater that is useful for providing a relaxing effect and a digital acupuncture tool that makes it easier for users to use the product.