Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Identifikasi Waste pada Proses Produksi Gula Kristal Putih di PT. XYZ Menggunakan Cause and Effect Diagram

Authors
  • Aulia Ishak Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Jln Dr. T. Mansyur No. 9 Padang Bulan, Medan 20222, Indonesia
  • Miftah Safira Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Issue       Vol 4 No 1 (2021): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v4i1.1243
Keywords: Gula Waste Cause and Effect Diagram
Published 2021-10-29

Abstract

Tebu (Saccharum officinarum L.) merupakan tumbuhan yang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah sukrosa yang terdapat pada batang tebu yang digunakan untuk menghasilkan gula kristal. Permasalahan yang dihadapi PT. XYZ adalah jumlah limbah yang dihasilkan dari proses produksi gula kristal putih. Tindakan yang dilakukan PT. XYZ untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengumpulkan semua waste yang masih bisa diolah sehingga bisa digunakan kembali dengan menyimpannya di mesin khusus untuk mengolah waste. Namun tindakan ini kurang efektif karena untuk jenis waste lainnya masih ada yang berserakan di lantai dan tidak bisa tertampung selama proses di dalam mesin. Oleh karena itu, perlu dikembangkan strategi untuk meminimalisir sampah yang jatuh ke lantai guna meningkatkan produktivitas perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi sampah yang masih berserakan di lantai produksi dan tidak dapat diolah kembali di PT. XYZ. Kemudian disusun strategi untuk meminimalisasi waste yang tidak dapat diolah kembali dengan melalui beberapa tahapan, diantaranya mengidentifikasi input, proses dan output pada setiap tahapan proses produksi, kemudian membuat Cause and Effect Diagram untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya waste tidak dapat diolah. diproses ulang dan memberikan solusi yang diusulkan untuk mengurangi limbah yang dihasilkan dalam proses produksi gula kristal putih.

 

Sugarcane (Saccharum officinarum L.) is a plant that has many benefits, one of which is the sucrose found in sugarcane stems which is used to produce sugar crystals. The problems faced by PT. XYZ is the amount of waste generated from the white crystal sugar production process. The action taken by PT. XYZ to solve this problem is to collect all waste that can still be processed so that it can be reused by storing it in a special machine to treat waste. However, this action is not very effective because for other types of waste there are still scattered on the floor and cannot be accommodated during the process in the machine. Therefore, it is necessary to develop a strategy to minimize the waste that falls on the floor in order to increase the company's productivity. The purpose of this study is to identify wastes that are still scattered on the production floor and cannot be reprocessed at PT. XYZ. Then a strategy is drawn up to minimize waste that cannot be reprocessed by going through several stages, including identifying inputs, processes and outputs at each stage of the production process, then making a Cause and Effect diagram to determine the factors that cause waste cannot be reprocessed and provide a proposed solution to reduce waste produced in the process of producing white crystal sugar.