Sistem Pendukung Keputusan Perbaikan Pelayanan Maskapai Penerbangan Menggunakan Software Orange
Authors | ||
Issue | Vol 4 No 1 (2021): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE) | |
Section | Articles | |
Section |
Copyright (c) 2021 Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE) This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License. |
|
Galley | ||
DOI: | https://doi.org/10.32734/ee.v4i1.1238 | |
Keywords: | Sistem Pendukung Keputusan Pelayanan Maskapai Penerbangan Software Orange | |
Published | 2021-10-29 |
Abstract
Persaingan antar maskapai penerbangan yang semakin ketat mendorong adanya upaya yang diperlukan untuk memenangkan persaingan. kunci utama untuk memenangkan persaingan ini adalah menciptakan nilai dan kepuasan pelanggan melalui produk dan jasa yang berkualitas dengan harga yang bersaing. Sistem Pendukung Keputusan dapat digunakan untuk memperluas kemampuan dalam pengambilan keputusan dalam memecahkan masalah ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kekurangan dari aspek pelayanan yang diberikan oleh maskapai penerbangan guna mengetahui perlu atau tidaknya dilakukan perbaikan atau peningkatan pelayanan guna menghasilkan pelanggan yang lebih puas. Objek yang diteliti adalah variabel-variabel yang mempengaruhi tingkat kepuasan pelayanan terhadap pelanggan pada maskapai penerbangan X. Hasil penelitian menyatakan nilai korelasi yang semakin tinggi menunjukkan variabel memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap ketidakpuasan pelanggan sehingga harus mendapatkan prioritas utama dalam perbaikannya. jarak penerbangan, ketepatan waktu keberangkatan/tiba, lama waktu delay keberangkatan, dan lama waktu delay secara berurutan merupakan variabel yang memiliki pengaruh paling besar hingga paling kecil.
Competition between airlines is getting fiercer, encouraging the efforts needed to win the competition. Customer value and satisfaction through quality products and services at competitive prices is the key to winning this competition. Decision Support Systems can be used to improve decision-making abilities in solving these problems. The purpose of this study is to determine the shortcomings of the service aspects provided by airlines in order to determine whether or not to repair or improve services to result in more satisfied customers. The object under study is the variables that affect the level of service satisfaction to customers on airline X. The results state that higher correlation value indicates that the variable has a greater influence on customer dissatisfaction so it must get top priority in its improvement. Flight distance, departure / arrival time convenient, departure delay in minutes, and arrival delay in minutes, respectively, are the variables that have the greatest to the least effect.