Perancangan Produk Selimut Kesehatan 3 in 1 dengan Menggunakan Metode Survey Pasar
Authors | ||
Issue | Vol 4 No 1 (2021): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE) | |
Section | Articles | |
Section |
Copyright (c) 2021 Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE) This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License. |
|
Galley | ||
DOI: | https://doi.org/10.32734/ee.v4i1.1230 | |
Keywords: | Survey Pasar Selimut Kesehatan 3 in 1 kuesioner | |
Published | 2021-10-29 |
Abstract
Selimut kesehatan 3 in 1 merupakan suatu produk yang dapat mengurangi rasa nyeri pada punggung, mengurangi rasa stress dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Produk ini dapat digunakan oleh semua kalangan terlebih lagi untuk lansia serta orang-orang yang sering mengalami stress berlebihan dikarenakan pada produk ini ditambahkan alat akupuntur sebagai alat terapi komplementer dan juga sensor untuk memberikan kesan rileksasi bagi pengguna selimut kesehatan 3 in 1 ini. Tujuan dari penelitian ini agar didapatkan atribut dari selimut kesehatan 3 in 1 yang sesuai dengan minat konsumen. Dalam melakukan survey pasar langkah-langkah yang dilakukan yakni pertama menentukan target pemasaran produk, selanjutnya membuat kuesioner terbuka berdasarkan hasil brainstorming selanjutnya kuesioner terbuka ini disebarkan. Setelah mendapatkan hasil akhir dari kuesioner terbuka maka dibuatlah kuesioner tertutup dengan sekala likert dan hasil dari penyebaran kuesionet tertutup ini di uji validitas dan reliabilitasnya, langkah terakhir adalah menyesuaikan produk dengan minat konsumen dari demand and wish. Hasil dari survey pasar di dapatkanlah atribut-atribut yang akan digunakan pada perancangan produk dan sesuai dengan minat konsumen yang akan menggunakan produk selimut kesehatan 3 in 1 ini.
The 3 in 1 health blanket is a product that can reduce back pain, reduce stress and can increase immunity. This product can be used by all people, especially for the elderly and people who often experience excessive stress because this product adds an acupuncture tool as a complementary therapeutic tool and also a sensor to give a relaxing impression to the users of this 3 in 1 health blanket. The purpose of this study is to obtain the attributes of the 3 in 1 health blanket that match consumer interests. In conducting a market survey the steps taken are first determining product marketing targets, then creating an open questionnaire based on the results of brainstorming, then this open questionnaire is distributed. After getting the final results of the open questionnaire, a closed questionnaire was made with a Likert scale and the results of the closed questionnaire were tested for its validity and reliability, the final step is to adjust the product to consumer interest from demand and wish. The results of the market survey get the attributes that will be used in product design and according to the interests of consumers who will use this 3 in 1 health blanket product.