Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Konsentrasi Co2 Pada Ruang Kelas Dengan Sistem Ventilasi Alami, Tipe Jendela Gantung Atas

Co2 Concentration in Classrooms with Natural Ventilation Systems, Upper Hanging Window Types

Authors
  • Basaria Talarosha Universitas Sumatera Utara
  • Valencia Rosardy Universitas Sumatera Utara
Issue       Vol 1 No 1 (2018): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v1i1.123
Keywords: konsentrasi CO2 jendela gantung atas; ruang kelas
Published 2018-10-16

Abstract

Proses pernafasan menghasilkan udara yang mengandung 4,4% volume CO2 sehingga konsentrasi CO2 di dalam ruang kelas dapat menjadi lebih tinggi dari ruang luar jika ventilasi tidak mencukupi. Konsentrasi CO2 > 1000 ppm akan mengganggu kesehatan dan konsentrasi belajar yang berdampak pada penurunan performa belajar siswa. Penelitian sebelumnya menunjukkan adanya hubungan antara konsentrasi CO2 di dalam ruang kelas dengan ukuran, jumlah, posisi dan tipe jendela pada ruang kelas yang menggunakan sistem ventilasi alami. Tipe jendela gantung atas disebutkan memiliki performa yang paling buruk dalam menetralkan konsentrasi CO2 di dalam ruang. Studi bermaksud mengukur kadar konsentrasi CO2 di dalam sebuah ruang kelas pada salah satu sekolah dasar negeri di kota Medan yang menggunakan tipe jendela gantung atas. Pengukuran konsentrasi CO2 dilakukan pada kondisi sudut bukaan jendela sisi koridor ruang kelas 10 dan 30 masing -masing selama tiga (3) hari. Hasil studi menunjukkan konsentrasi CO2 maksimum pada kondisi sudut bukaan jendela 10 lebih rendah dari pada kondisi sudut bukaan jendela 30LI, namun konsentrasi CO2 rata-rata pada kedua posisi jendela masih di bawah ambang batas konsentrasi CO2 yang diijinkan untuk kesehatan (<1000 ppm).

 

The breathing process produces air containing 4.4% of the volume of CO2 so that the concentration of CO2 in the classroom can be higher than the outside space if there is insufficient ventilation. CO2 concentration> 1000 ppm will interfere with the health and concentration of learning which has an impact on decreasing student learning performance. Previous research has shown a correlation between CO2 concentrations in classrooms with the size, number, position and type of windows in classrooms that use natural ventilation systems. The upper hanging window type is said to have the worst performance in neutralizing CO2 concentrations in space. The study intends to measure the level of CO2 concentration in a classroom in one of the public elementary schools in the city of Medan that uses a type of upper hanging window. Measurements of CO2 concentrations were carried out at the corridor opening angle of the class 10 and 30 for three (3) days, respectively. The results showed that the maximum CO2 concentration at the window opening angle 10 was lower than the 30LI window opening, but the average CO2 concentration in both window positions was still below the threshold of the permissible CO2 concentration for health (<1000 ppm).