Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Pengembangan Survei Pasar terhadap Perancangan Produk Walker Adjustable Hidrolic

Authors
  • Muhammad Fikri Prayoga Sipahutar Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Sari Wahyuni Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Tania Ramola Siregar Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Selfy Aldani Agusdini Nasution Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Sri Damayanti Sitanggang Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Issue       Vol 4 No 1 (2021): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v4i1.1211
Keywords: Walker Adjustable Hidrolic Survei Pasar Kuesioner
Published 2021-10-29

Abstract

Produk walker adjustable hidrolic adalah produk walker yang mempunyai inovasi terdapat sistem hidrolic yang dapat memanjang atau memendekkan tumpuan kaki pada walker dan berfungsi membantu pengguna pada saat berjalan. Produk yang dirancang, terlebih dahulu harus melakukan survey pasar yang tujuannya untuk mengetahui produk yang diinginkan konsumen. Survei pasar dilakukan untuk menyebarkan kuesioner terbuka dan kuesioner tertutup. Tahap pertama yaitu membuat kuesioner terbuka maupun kuesioner tertutup, Kuesioner terbuka bertujuan untuk memperoleh data tabulasi modus, selanjutnya hasil tabulasi kuesioner terbuka dijadikan atribut yang akan digunakan pada kuesioner tertutup dengan menggunakan tolak ukur skala likert. Kuesioner yaitu suatu cara untuk mengumpulkan data dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada responden untuk dijawab. Tahap berikutnya dilakukan penyebaran kuesioner terbuka dan kuesioner tertutup di Rs Bhayangkara medan. Dari hasil penyebaran kuesioner tertutup maka dilakukan pengujian hasil rekapan kuesioner dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. sehingga didapatkan hasil data spesifikasi produk yang sesuai dengan keinginan responden. Hasil atribut yang digunakan dalam kuesioner tertutup yaitu warna produk putih, corak (motif) produk polos, ukuran produk 100 cm x 35 cm, bentuk produk memiliki 4 buah kaki, berat produk 2,5 kg, bahan produk aluminium, bahan pegangan produk dengan bahan busa, dan memiliki fungsi tambahan yaitu tinggi bisa diatur, pada pegangan terdapat tempat minum, dan walker bisa dibongkar pasang.

The adjustable hydrolic walker product is a walker product that has an innovation, there is a hydrolic system that can lengthen or shorten the footstool on the walker and help the user while walking. The product that is designed, must first conduct a market survey which aims to find out the product that the consumer wants. A market survey was conducted to distribute open and closed questionnaires. The first stage is making open and closed questionnaires, open questionnaires aim to obtain mode tabulation data, then the results of open questionnaire tabulations are used as attributes to be used in closed questionnaires using a Likert scale benchmark. Questionnaires are a way to collect data by giving respondents several questions to answer. The next stage was to distribute open and closed questionnaires at Rs Bhayangkara Medan. From the results of the closed questionnaire distribution, the results of the questionnaire recapitulation were tested using validity and reliability tests. so that the results of product specification data are obtained in accordance with the wishes of the respondents. The attribute results used in the closed questionnaire are white product color, pattern (motif) of plain product, product size 100 cm x 35 cm, product shape has 4 legs, product weight 2.5 kg, aluminum product material, product handle material with material foam, and has an additional function, namely the height can be adjusted, the handle has a drinking place, and the walker can be assembled.