Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Survei Pasar Perancangan Produk pada Alat Finger Spalk di Klinik Fisioterapi Anugrah Sehat menggunakan Kuesioner

Authors
  • Elma Rosa Ritonga Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Zainal Habibi Situmeang Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Paphy Emha Ruin Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Amanda Reihan Sembiring Meliala Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Issue       Vol 3 No 2 (2020): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v3i2.1113
Keywords: Mallet finger survey pasar kuisioner
Published 2020-11-30

Abstract

Mallet finger adalah kondisi cedera pada tendon jari yang mengakibatkan ujung jari tangan tidak bisa bergerak lurus dan membutuhkan bantuan untuk meluruskannya. Survei merupakan alternatif metode komunikasi dengan mengajukan pertanyaan pada responden dan merekam jawabannya untuk dianalisis lebih lanjut. Permasalahan dalam teknik survei lebih terkait dengan pembuatan kuesionernya karena berhubungan langsung dengan daya tanggap responden. Pengambilan data yang dilakukan adalah dengan metode sampling, dimana pengumpulan data yang hanya mengambil sebagian elemen populasi atau karateristik yang ada dalam populasi. Dan metode sampling yang digunakan adalah metode probability sampling dengan teknik sampling yaitu simple random sampling yaitu cara pengambilan sampel dengan semua objek atau elemen populasi memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai sampel. Kuesioner merupakan sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden dalam arti laporan tentang pribadinya, atau hal-hal yang ia ketahui. Kuisioner yang digunakan yaitu kuesioner terbuka dan kuisioner tertutup.

 

Mallet finger is a condition of injury to the finger tendon that results in the tip of the finger not being able to move straight and needs help to straighten it. Surveys are an alternative method of communication by asking questions to respondents and recording their answers for further analysis. Problems in the survey technique are more related to making the questionnaire because it is directly related to respondent responsiveness. Data retrieval is done by sampling method, where data collection that only takes a portion of the population or characteristics of the population. And the sampling method used is the probability sampling method with a sampling technique that is simple random sampling which is a way of taking samples with all objects or elements of the population have the same opportunity to be selected as a sample. The questionnaire is a number of written questions that are used to obtain information from the respondent in the sense of a report about his personality, or things he knows. The questionnaire used was open questionnaire and closed questionnaire.