Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Survei Pasar Perancangan Tongkat Pintar untuk Tunanetra

Authors
  • Putri Marsela Inayah Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Rizki Al Rafi Harahap Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Amarya Anugrah Barita Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Raja Baihaqi Pulungan Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Issue       Vol 3 No 2 (2020): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v3i2.1109
Keywords: Survei Pasar Kuesioner Tongkat Tunanetra
Published 2020-11-30

Abstract

Penyandang tunanetra memakai tongkat sebagai alat bantu untuk mengetahui kondisi di sekitarnya. Tongkat menjadi alat visualisasi lingkungan bagi penyandang tunanetra. Saat menggunakan produk, penngguna akan memiliki suatu harapan tertentu yang ingin ia dapatkan dari produksi tersebut. Harapan tersebut mencakup performansi dari fungsi dan desain produk. Survei Pasar dilakukan dengan cara melakukan penyebaran kuesioner. Kuesioner diberikan dalam bentuk kuesioner tertutup dan kuesioner terbuka. Kuesioner berisi penilaian konsumen terhadap atribut dan fungsi produk.  Dengan mengetahui keinginan konsumen, dapat dilakukan perbandingan dengan hasil brainstorming yang telah dilakukan. Dari hasil penyebaran kuesioner diketahui bahwa seluruh atribut sudah memenuhi keinginan konsumen.

 

Blind or visually impaired people use white-cane as a helpful tool to identify the world conditions surrounds them. Whitecane has become a visualization tool for the blind and visually impaired people. Costumer have some expectations when they are using the product. Costumer’s expectations are about function and design of the product. Market survey use questionnaire for its method. Questionnaires are being carried out face to face in two types : open-ended question questionnaire and close-ended question questionnaire. Questionnaire gives out costumer’s thoughts of the product. Therefore, company can do comparison for what costumers expect and ideas that obtained from brainstorming. Questionnaires shows that all of the attributes has fulfill costumer’s expectation.