Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Perancangan dan Pengembangan Produk dari Diabetes ACU Slipper Berdasarkan Survei Pasar

Authors
  • Andrian Siregar Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Nasyem Hamid Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Siska Arya Nanda Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Siska Novianti Kaban Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Issue       Vol 3 No 2 (2020): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v3i2.1108
Keywords: Penelitian survei Survei Pasar diabetic acu slippers Perancangan dan Pengembangan Produk
Published 2020-11-30

Abstract

Penelitian survei ialah suatu penyelidikan yang dilakukan untuk memperoleh fakta-fakta dari gejala yang ada dan mencari keterangan secara faktual untuk mendapatkan kebenaran. Flink dan Kosecoff secara lebih tegas mendefinisikan penelitian survei sebagai suatu metode pengumpulan data dan informasi secara langsung dari orang-orang tertentu yang dijadikan objek penelitian tentang perasaan, motivasi, rencana, keyakinan, personalitas, pendidikan dan latar belakang finansial mereka tergantung dari sasaran penelitian. Metode survei pada umunya menggunakan instrumen kuisioner yang diisi oleh para responden dari objek penelitian yang ditetapkan dengan metode tertentu. Pengisian kuisioner dilakukan dengan atau tanpa bantuan surveyor tergantung kebutuhannya. Metode pengumpulan data dan informasi dalam survei juga sering menggunakan teknik wawancara baik dalam jarak dekat ataupun jarak jauh. Beberapa sumber informasi lain yang juga tidak jarang digunakan dalam penelitian survei ialah observasi langsung terhadap objek, uji kinerja (performance test) terhadap objek, tes tertulis tentang kemampuan, pengetahuan, atau sikap dari objek, review terhadap catatan, dokumen diri tentang kesehatan, pendidikan objek, dan lain-lain. Survey menyediakan pertanyaan-pertanyaan untuk penelitian tentang laporan keyakinan/kepercayaan atau perilaku diri. Pertanyaan-pertanyaan tersebut menjadi lebih tajam ketika responden memberikan jawaban-jawaban atas suatu pertanyaan-pertanyaan dengan variabel-variabel yang dikehendaki. Pada waktu melakukan survey biasanya peneliti menanyakan tentang beberapa hal, antara lain : ukuran beberapa variabel (seringkali dengan berbagai indikator), dan beberapa uji hipotesis dalam suatu survey tunggal. Survei Pasar ini dilakukan terhadap produk diabetic acu slippers. Produk diabetic acu slippers yang akan dirancang merupakan kesimpulan hasil dari brainstorming yang telah dilakukan. Survei pasar dilakukan untuk mengetahui spesifikasi diabetic acu slippers yang sesuai dengan keinginan konsumen dan kemudian membandingakannya dengan spesifikasi dari perancang lain. Hal ini dilakukan agar produk diabetic acu slippers yang dirancang sesuai dengan keinginan daripada konsumen.

 

Survey research is an investigation conducted to obtain the facts of the symptoms that exist and look for factual information to get the truth. Flink and Kosecoff more clearly define survey research as a method of collecting data and information directly from certain people who are the object of research about their feelings, motivations, plans, beliefs, personality, education and financial background depending on the research objectives. The survey method generally uses a questionnaire instrument that is filled in by respondents from the research object determined by a particular method. The completion of the questionnaire was done with or without the help of the surveyors depending on their needs. The methods of collecting data and information in surveys also often use interview techniques both at close range and long distance. Some other sources of information that are also not infrequently used in survey research are direct observation of objects, performance tests of objects, written tests of abilities, knowledge, or attitudes of objects, review of records, self-documents about health, education of objects , and others. Surveys provide questions for research on beliefs or self-confidence. These questions become more complicated than the responses of respondents giving answers to questions with the desired variables. When conducting a survey, do a number of questions, including: the size of several variables, and several hypotheses in several surveys. This Market Survey was conducted on diabetic acu sandal products. Diabetic sandals product that will be made is the result of brainstorming that has been done. A market survey was carried out to find out the specifications of the diabetic diabetes sandals that fit the desires of consumers and then compare them to the specifications of other designers. This is done so that diabetic sandal products are designed according to the wishes of consumers.