Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Perancangan dan Pengembangan Produk dari Automatic Blood Checked melalui Survei Pasar

Authors
  • Abdi Bagus Santoso Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Akhiraini Asrida H Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Alfandy David Simanjuntak Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Amanda Maharani Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Irma Novita Nst Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Issue       Vol 3 No 2 (2020): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v3i2.1106
Keywords: Survei Pasar Automatic Blood Checked Kuesioner Perancangan dan Pengembangan Produk
Published 2020-11-30

Abstract

Penelitian survei merupakan suatu bentuk aktifitas yang sudah menjadi kebiasaan pada masyarakat, dan banyak diantaranya berpengalaman dengan riset ini sebagai suatu bentuk yang tersendiri atau yang lainnya. Survei riset dikembangkan sebagai bentuk pendekatan positivist pada ilmu-ilmu sosial. Survei menyediakan pertanyaan-pertanyaan untuk penelitian tentang laporan keyakinan/kepercayaan atau perilaku diri. Pertanyaan-pertanyaan tersebut menjadi lebih tajam ketika responden memberikan jawaban-jawaban atas suatu pertanyaan-pertanyaan dengan variabel-variabel yang dikehendaki.[1] Pemasaran  adalah  salah  satu  kegiatan  dalam  perekonomian  yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi. Nilai ekonomi itu sendiri menentukan harga barang dan jasa. Faktor penting dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran, dan konsumsi. Pemasaran menjadi penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi. Dalam kegiatan pemasaran ini, aktivitas pertukaran merupakan hal sentral. Pertukaran merupakan kegiatan pemasaran dimana seseorang berusaha menawarkan sejumlah barang atau jasa dengan sejumlah nilai keberbagai macam kelompok sosial untuk memenuhi kebutuhannya. Pemasaran sebagai kegiatan manusia diarahkan untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan melalui proses pertukaran.[2] Pada saat melakukan survei pasar, dilakukanlah penyebaran kuesioner kepada 32 orang responden. Kuesioner merupakan sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden dalam arti laporan tentang probadinya, atau hal-hal yang ia ketahui. Pada penelitian, penggunaan kuesioner merupakan hal yang sangat pokok dalam pengumpulan data. Tujuan pokok pembuatan kuesioner untuk memperoleh informasi yang relevan terkait produk Automatic Blood Checked dengan tujuan survei dengan cara mengisi pertanyaan yang diajukan oleh peneliti terhadap responden yang dipilih.[3]

 

Survey research is a form of activity that has become a habit in the community, and many of them are experienced with this research as a separate form or others. Research surveys were developed as a form of positivist approach to the social sciences. Surveys provide questions for research on reports of beliefs / beliefs or self-behavior. These questions become sharper when the respondent gives answers to a question with the desired variables. Marketing is one of the activities in the economy that helps in creating economic value. The economic value itself determines the prices of goods and services. Important factors in creating this value are production, marketing and consumption. Marketing becomes a link between production and consumption activities. In this marketing activity, exchange activities are central. Exchange is a marketing activity where someone tries to offer a number of goods or services with a number of values ​​to various social groups to meet their needs. Marketing as a human activity is directed to satisfy wants and needs through an exchange process. When conducting a market survey, questionnaires were distributed to 32 respondents. The questionnaire is a number of written questions that are used to obtain information from the respondent in the sense of the report about the problem, or the things that he knows. In research, the use of questionnaires is very important in collecting data. The main purpose of making a questionnaire is to obtain relevant information related to Automatic Blood Checked products with the aim of the survey by filling in the questions raised by researchers with selected respondents.