Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Survei Pasar dalam Produk Bacterial Vacuum Multifunction

Authors
  • Lydia Yesica Sihombing Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Juneri Piter Manik Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Rafif Akhmad Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Fauzi Ramadhana Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Issue       Vol 3 No 2 (2020): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v3i2.1101
Keywords: Survei Mind Map Uji Validitas Realiabilitas Bacterial Vacuum Multifunction
Published 2020-11-30

Abstract

Proses investigasi yang dilakukan dengan aktif, tekun, dan sistematis, yang bertujuan untuk menemukan, menginterpretasikan, dan merevisi fakta-fakta disebut sebagai survei. Tempat salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur yaitu usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang disebut sebagai Pasar. Survei pasar merupakan suatu investigasi yang bertujuan untuk mengetahui permintaan para konsumen dan juga mengetahui para pesaing lainnya di pasar. Ketika mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh pasar dan juga pesaing yang ada, kita dapat mengetahui siapa saja yang membutuhkan produk atau jasa yang ditawarkan, dimana produk atau jasa tersebut dibutuhkan, dan kualitas produk seperti apa yang dibutuhkan para konsumen. Perkembangan dunia industri yang sangat pesat menuntut para pengusaha baik industri kecil, industri menengah maupun industri besar untuk semakin kreatif dalam meningkatkan daya saing dengan para kompetitornya. Beberapa di antaranya adalah dengan melakukan inovasi terhadap produk yang dipasarkan serta melakukan riset pasar terlebih dahulu agar dapat mengetahui minat konsumen terhadap produk tersebut. Saat ini industri baru pun banyak bermunculan dengan menawarkan produk-produk unggulannya. Penelitian survei pasar ini bertujuan untuk mampu membuat strategi pemasaran yang baik, mampu menentukan jumlah percobaam dari populasi yang diamati dengan menggunakan metode teknik sampling, mampu melakukan uji validitas dan reliabilitas terhadap instrumen pengukuran secara manualdan dengan menggunakan software, dan mampu membuat peta posisi produk.

 

Surveys or research are often described as an active, diligent, and systematic investigation process, which aims to find, interpret, and revise facts. The market is one of a variety of systems, institutions, procedures, social relations and infrastructure where businesses sell goods, services and labor to people in exchange for money. Market survey is an investigation that aims to find out the demands of consumers and also find out other competitors in the market. For knowing needed by the market and also existing competitors, we can find out who needs the product or service offered, where the product or service is needed, and what product quality is needed by consumers. The rapid development of the industrial world requires entrepreneurs both small industries, medium industries and large industries to be more creative in increasing competitiveness with their competitors. Some of them are by innovating products that are marketed and conducting market research in advance in order to find out consumer interest in these products. Today many new industries have sprung up by offering superior products. Marketing is how to meet the needs and desires of consumers in ways that benefit both consumers and producers. Marketing starts with meeting the needs and desires of consumers. This market survey research aims to be able to create a good marketing strategy, be able to determine the number of samples of the population observed by using a sampling technique method, be able to test the validity and reliability of measurement instruments manually and by using software, and be able to make a product position map.